- - - -
Facebook  Twitter  Google+

01/09/2015

Rencana Strategis 5 Tahun DPR RI Baru Dibahas Hari Ini

lintasmaduranews - DPR RI hari ini menggelar rapat paripurna dengan 2 agenda. Salah satunya adalah laporan Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR tentang rencana strategis 5 tahun, termasuk 7 proyek DPR yang kesemuanya dananya berjumalah Rp 2,7 T.

"Laporan tentang rencana strategis 5 tahunan. Harusnya di saat DPR baru dilantik, langsung membuat renstra. Ini memang agak terlambat," kata Wakil Ketua BURT Dimyati Natakusumah saat dihubungi, Selasa (1/9/2015).

Renstra tersebut berisi visi dan misi BURT dalam melakukan pembangunan menuju parlemen modern. Laporan itu juga berisi rincian tentang 7 proyek DPR yang selama ini dibicarakan.

"Iya (termasuk 7 proyek). Tentang renstra, visi dan misinya. Tidak ada soal anggaran," ujar politikus PPP ini.

Selain laporan BURT, paripurna juga akan melakukan pengambilan keputusan terhadap RUU tentang Pertanggungjawaban atas Pelaksanaan APBN 2014. Ini merupakan rangkaian pelaksanaan fungsi pengawasan DPR.

"Setiap pelaksanaan APBN perlu pertanggungjawaban. Ini terhadap kajian pelaksanaan APBN sebelumnya," ujar Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan saat dikonfirmasi terpisah.

Tujuh proyek pembangunan itu adalah: alun-alun demokrasi, museum dan perpustakaan, jalan akses bagi tamu ke Gedung DPR, visitor center, pembangunan ruang pusat kajian legislasi, pembangunan ruang anggota dan tenaga ahli, serta integrasi kawasan tempat tinggal dan tempat kerja anggota DPR. Presiden Joko Widodo sebelumnya sempat diminta meresmikan pencanangan 7 proyek ini, namun kemudian batal.