- - - -
Facebook  Twitter  Google+

15/09/2015

SBY : Hukum Mesti Ditegakkan dengan Tegas!

lintasmaduranews -  Presiden ke-6 Soesilo Bambang Yudhoyono menerima banyak pesan dari akun sosial medianya dari Riau terkait penanganan asap untuk disampaikan kepada pemerintah. Kepada Wapres RI Jusuf Kalla, SBY menyampaikan agar pemerintah untuk memaksimalkan penanganannya.

"Saya tahu pemerintah tengah tangani gangguan asap ini. BNPB, TNI, Polri dan petugas lain secara serius juga berupaya padamkan api dan asap *SBY*," kicau SBY seperti detikcom kutip dari akun Twitter @SBYudhoyono, Senin (14/9/2015).

Sebelum melanjutkan cuitannya, SBY pun sempat meminta maaf kepada Presiden Joko Widodo yang tengah kunjungan kerja ke negeri Timur Tengah. Menurut SBY, tanggapan Jusuf Kalla terhadap penanganan kabut asap di Sumatera dan Kalimantan sangat positif.

SBY menyebut tidak mudah untuk memadamkan api yang membakar hutan ratusan bahkan ribuan hektar setiap tahunnya. Namun, menurutnya koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah serta ketegasan dalam menegakkan hukum menjadi hal yang penting untuk pencegahan ke depan.

"Masalah kebakaran hutan dan asap cukup kompleks. Diperlukan kepemimpinan, kesatuan komando, alat peralatan dan pengerahan petugas *SBY*," kata SBY.

"Pencegahan dan tanggung jawab daerah penting. Reaksi cepat pusat penting. Hukum mesti ditegakkan dengan tegas bagi yang lalai dan membakar *SBY*," pungkasnya.