- - - -
Facebook  Twitter  Google+

18/10/2015

36 Pasang Sapi Karapan Rebut Tiket Lomba Piala Presiden

lintasmaduranews - Sebanyak 36 pasang sapi karapan berkompetisi merebut tiket ke tingkat piala kresidenan atau piala presiden. Pasangan sapi tersebut berasal dari beberapa kecamatan yang sebelumnya meraih juara di tingkat kecamatan.
Komptesi karapan yang dilaksanakan pada Minggu, (18/10/2015) di Stadion karapan sapi RP.Moh.Noer Kampung Skep, Kelurahan Bancaran, Kecamatan Kota Bangkalan, Madura, Jatim tersebut tidak menggunakan kekerasan (rekeng), tapi kekerasan dengan memberi bhuntot, pecceng, dan cambuk serta semat peniti di bagian tubuh sapi tetap diperbolehkan.
“Babak penyisihan lomba karapan sapi tradisional tahun ini akan diambil juara 1,2,3 katagori menang dan juara 1,2,3 katagori kalah. Kemudian ditunjuk mewakili Kabupaten Bangkalan pada lomba karapan sapi tingkat keresidenan Madura untuk memperebutkan piala presiden Jokowi nanti,” kata Syamsul Arief selaku pembawa acara.
Sementara itu, Bupati Bangkalan, Muh. Makmun Ibnu Fuad dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Komandan Kodim (Dandim) 0829 Bangkalan, Letkol Infantri Sunardi Istanto,SH mengatakan, lomba karapan sapi tradisional tanpa kekerasan tersebu dalam rangka memperingati Hari Jadi Bangkalan ke-484 itu.
Ia berharapa budaya madura ini bisa menjadi budaya unggulan yang mampu mendongkrak kunjungan wisata manca negara maupun wisatawan lokal. Asal lomba karapan sapi Madura yang sudah mendunia tersebut dikemas dengan apik dan menarik.
“Atraksi budaya kerapan sapi yang digelar setiap tahunnya itu perlu dilestarikan, dikemas dengan apik agar menjadi produk unggulan yang punya nilai jual tinggi sehingga mampu mendongkrak kehadiran wisatawan lokal mamupun manca negara,” kata Dandim Bangkalan, Letkol Inf. Sunardi.
Selanjutnya Dandim 0829 Bangkalan membuka lomba karapan sapi tradisional tanpa kekerasan itu dengan mengibarkan bendera digaris start.