- - - -
Facebook  Twitter  Google+

30/10/2015

9 Unit Kendaraan Dinas di Sampang Hilang


lintasmaduranews - Sebanyak 9 unit kendaraan dinas roda dua dan roda empat milik Pemerintah Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur yang dilaporkan hilang sampai saat ini baru 1 unit yang diganti.

Kepala Dinas Pendapatan Pengeloaan Keuangan dan Aset (Dispendaloka) Sampang, Suhartini Kaptiati, melalui Kabid Pengelolaan Aset Bambang Indra Basuki, mengatakan dari kesembilan kendaraan dinas itu masih ada satu yang sudah diganti oleh penanggung jawab kendaraan. Selebihnya masih dalam proses dicicil.

“Kendaraan dinas roda dua itu milik Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnaketrans) sudah diganti, jadi tinggal delapan kendaraan dinas yang masih tercatat hilang,” ucapnya, Jumat (30/10/2015).

Rinciannya, dari delapan kendaraan dinas yang dilaporkan hilang, yakni lima unit roda dua di Dinas Kesehatan, satu unit milik Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), serta dua unit kendaraan roda empat di Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olah Raga (Disbudparpora) dan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi.

“Kendaraan yang dilaporkan hilang tetap menjadi tanggung jawab pemakai, jadi tetap ditagih sampai lunas,” katanya.

Sesuai surat keputusan tanggung jawab mutlak (SKTJM) penanggung jawab kendaraan dinas diberi pilihan terkait target waktu pelunasan kendaraan. Penanggung jawab kesembilan kendaraan dinas menyanggupi menyicil maksimal dua tahun lamanya.

“Mengacu kepada SKTJM ada yang sanggup melunasi sampai enam bulan, satu tahun dan dua tahun,” jelasnya.

Catatan Dispendaloka, kejadian kehilangan kendaraan dinas sudah sejak tahun 2014 lalu. Namun, proses pencatatan dan pergantiannya baru bisa dilakukan pada tahun 2015.

Mengingat pemilik kendaraan terlebih dahulu harus melaporkan kepada kepolisian sebelum melaporkan ke pemerintah setempat, serta harus melampirkan bukti dari laporan tersebut.

“Kami tetap memaksimalkan penagihannya, meski kehilangan itu bukan disengaja, namun tetap wajib diganti, jadi tidak ada toleransi dalam hal ini,” tandasnya.