- - - -
Facebook  Twitter  Google+

01/10/2015

Bupati Sumenep Lounching Pembiayaan Usaha Syariah


lintasmaduranews - Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si melakukan Lounching Pembiayaan Usaha Syariah (PUSYAR iB) di Aula Disperindag Sumenep, Kamis (1/10/2015).
Dalam sambutannya, Bupati Sumenep berharap melalui pelaksanaan Pembiayaan Usaha Syariah (PUSYAR iB) di Kabupaten Sumenep diharapkan dapat membantu masyarakat, khususnya para pengusaha kecil menengah dengan tanpa bunga dan biaya apapun.
“Yang jelas, ini akan mempermudah para UMKM untuk mendapat modal usaha daripada kadang harus berhubungan dengan rentenir.” katanya, Kamis (1/10/2015).
Menurutnya, selama ini upaya Pemerintah Kabupaten Sumenep bersama BPRS Bhakti Sumekar, juga telah banyak melaksanakan program dalam upaya mempermudah masyarakat dalam mendapatkan modal usaha.
Karena. Program baru tersebut akan lebih memudahkan masyarakat serta akan lebih menggairahkan pelaku ekonomi di Sumenep.
“Karena itu, agar negara termasuk Kabupaten Sumenep ini maju maka pemerintah dan swasta harus bersatu dalam memberdayakan usaha syariah seperti itu.”tambahnya.
Sementara direktur BPRS Bhakti Sumekar, Nofi Sujatmiko, SE mengakui program Pembiayaan Usaha Syariah yang merupakan Kerjasama antara BPRS Bhakti Sumekar, BAZNAS Kabupaten Sumenep, Dinas Koperasi, dan UKM serta Disperindag Sumenep, memang diprogramkan tanpa bunga dan tanpa biaya. Hanya saja, memang tetap ada agunan untuk peminjaman diatas Rp. 1 juta.
“Bisa tanpa agunan dibawah Rp. 1 juta, tapi harus membuat kelompok terlebih dahulu,”jelasnya.
Dijelasakan, untuk tahap pertama pihaknya menyediakan dana sebesar Rp. 1 milyar untuk target 200 kreditur dengan pinjaman antara Rp. 1 hingga Rp. 5 juta.
Pihaknya menjamin jika ada sumber dana lebih besar dari BAZNAS Kabupaten nantinya bisa lebih maksimal dalam melaksanakan prograamnya. Karena program tersebut Modalnya dari BPRS sedangkan margin bunga maupun asuransinya dari BAZNAS.