- - - -
Facebook  Twitter  Google+

22/10/2015

Dinkes Prov Jatim Bersama Dinkes Kabupaten Sumenep Promosi Kesehatan

lintasmaduranews - Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Timur bekerjsama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep melaksanakan promosi kesehatan melalui Panggung Terbuka di depan Pintu Gerbang Kraton Sumenep, Rabu malam, (21/10).

Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si dalam sambutannya mengungkapkan, kegiatan promosi kesehatan dengan panggung terbuka seperti itu sangat penting dilaksanakan, sehingga informasi berkaitan program kesehatan bisa sampai kepada masyarakat.

“Sebab, terkadang informasi mengenai program kesehatan tidak sampai kepada masyarakat, karena Sumber Daya Manusia (SDM), khususnya di Sumenep masih banyak yang belum paham terhadap program yang ada,”ungkapnya.

Diakui Bupati, jika kesehatan perupakan hal penting, karena negara ini akan maju jika masyarakatnya sehat. Sedangkan program kesehatan tidak hanya berlaku nasional, namun di daerah, utamanya di Sumenep juga memiliki program kesehatan untuk memudahkan masyarakat dalam pelayanan kesehatan.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep, dr. H. Fatoni, M.Si mengungkapkan, kegiatan promosi kesehatan melalui panggung terbuka bertujuan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam bidang kesehatan, khususnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), menurunkan angka kesakitan bagi penyakit menular dan tidak menular, serta meningkatkan kerjasama lintas sektor.

“Dalam melaksanakan program promosi kesehatan, kami juga bekerjasama dengan lintas sektor, seperti Bappeda, Dinas Pendidikan, BPMP-KB, RSUD dan instansi terkait lainnya,”ungkapnya.

Pada kegiatan panggung terbuka tersebut, karyawan Dinas Kesehatan Propinsi Jatim dan Dinas Kesehatan Sumenep menggelar Parodi Kocak dengan cerita satu keluarga berpenyakit semua hingga akhirnya ditemukan oleh petugas kesehatan yang ada di Puskesmas Pembantu (Pustu).