- - - -
Facebook  Twitter  Google+

26/10/2015

Hadi Sutarto Ditunjuk sebagai Pelaksana Harian Pemerintahan Sumenep


lintasmaduranews - Masa jabatan A Busyro Karim-Sungkono Siddik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Sumenep telah berakhir sejak Senin (26/10/2015). Saat ini Pimpinan Pemerintahan Sumenep Kosong.

Selama kekosongan Pimpinan Pemerintahan tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumenep, Hadi Sutarto, ditunjuk sebagai pelaksana harian (Plh) oleh Gubernur Jawa Timur guna mengisi kekosongan Pemerintahan hingga penjabat (Pj) Bupati yang ditetapkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dilantik.

”Berdasarkan surat edaran Gubernur 19 Oktober 2015 lalu, dirinya dalam kapasitas sebagai Sekda setempat ditunjuk sebagai Plh Bupati Sumenep selama masa kekosongan hingga Pj yang ditunjuk dilantik untuk melaksanakan tugas rutin,” terang Sekda, Hadi Sutarto, Senin (26/10/2015) pagi.

Menurut Sekda, dirinya akan menjabat sebagai Plh Bupati selama enam dari tanggal 26 hingga 1 November nanti, sebab Pj Bupati yang ditunjuk Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) akan dilantik Gubernur Sukarwo pada 2 November 2015 nanti. Jabatannya sebagai Plh Bupati hanya sebatas melaksanakan tugas rutin.

”Otoritas sebagai Plh Bupati cukup terbatas sebab hanya melaksanakan tugas rutin, sehingga tidak boleh melakukan kebijakan yang strategis,” ucapnya.

Lebih lanjut Sekda Sumenep mengatakan, Pemkab telah berkordinasi dengan Pemprov Jatim terkait persiapan pelantikan Pj Bupati di gedung Grahadi Surabaya dan Pemkab diminta untuk mempersiapkan sarana dan prasana termasuk Rumdis Pj di daerah.

Adapun Pj Bupati Sumenep yang ditunjuk kemendagri berdasarkan usulan Gubernur Sukarwo yaitu Sudarmawan yang saat ini juga menjabat Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jatim.

”Masa kerja Pj Bupati itu nanti hingga ada bupati dan wakil bupati definitif hasil Pilkada Sumenep 2015,” tambah mantan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sumenep ini.