- - - -
Facebook  Twitter  Google+

27/10/2015

KPU Sumenep Cetak Surat Suara Lebih dari Jumlah DPT

lintasmaduranews - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, mencetak Suarat Suara lebih dari jumlah DPT. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya pemilihan ulang dan adanya Suarat Suara yang rusak.

Pengadaan Suarat Suara dilelang kepada rekanan dan yang menjadi pemenang lelang tersebut adalah PT Jasuindo Tiga Perkasa Sidoarjo, Jawa Timur.

"Setelah melalui lelang di ULP LPSE, sudah ada rekanan pemenang lelang yang menjadi pelaksana proyek pengadaan logistik Pilkada Sumenep, yakni PT Jasuindo Tiga Perkasa Sidoarjo. Nilai pengadaannya Rp 409 juta lebih," kata Komisioner KPU Sumenep, Malik Mustofa, Senin (26/10/15).

Ia memaparkan, surat suara yang akan dicetak berjumlah 927.743 lembar. Jumlah tersebut sesuai jumlah calon pemilih dalam daftar pemilih tetap (DPT) ditambah 2,5 persen dari DPT sebagai cadangan, dan 2.000 lembar sebagai cadangan untuk kemungkinan adanya pemungutan suara ulang.

"Memang selain mencetak sejumlah DPT, kami juga mencetak cadangan surat suara sebanyak 2,5 persen dari jumlah DPT, ditambah 2000 lembar surat suara sebagai antisipasi kalau misalnya karena satu dan lain hal, ada pemungutan suara ulang," ujarnya.

KPU Sumenep telah menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) pemilihan bupati/ wakil bupati setempat pada tanggal 02 oktober 2015 sebanyak 903.164 orang, dengan rincian 426.023 laki-laki, dan 477.141 perempuan.

"Saat ini rekanan pelaksana pengadaan logistik pilkada itu sebenarnya sudah siap untuk mencetak surat suara. Tapi sekarang masih menunggu desain terbaru foto pasangan calon yang akan dicetak di surat suara," terangya.

Malik juga mengemukakan, pihaknya telah meminta rekanan pelaksana untuk menyelesaikan pekerjaannya itu paling lambat pada pertengahan November 2015.

"Ya syukur-syukur kalau sebelum pertengahan November pencetakan surat suara sudah selesai. Jadi kami lebih cepat mendsitribusikan, terutama ke wilayah kepulauan jauh," ucapnya.

Kabupaten Sumenep terdiri atas 27 kecamatan. Sembilan kecamatan di antaranya berada di wilayah kepulauan.

Pilkada Sumenep yang digelar pada 9 Desember 2015 diikuti dua pasangan calon bupati-calon wakil bupati (cabup-cawabup). Pasangan nomor urut 1 yakni A. Busyro Karim dan Ahmad Fauzi, diusung koalisi PKB-PDI Perjuangan didukung NasDem. Kemudian pasangan cabup-cawabup nomor urut 2 adalah Zainal Abidin dan Dewi Khalifah, diusung koalisi 8 parpol, yakni Partai Demokrat, PAN, PKS, PPP, Gerindra, Hanura, Golkar dan PBB.