- - - -
Facebook  Twitter  Google+

05/10/2015

KPU Sumenep Tetapkan DPT 903.164 Jiwa

lintasmaduranews - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep, Madura, Jawa Timur menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) setempat tahun 2015 sebanyak 903.164 jiwa. Jumlah pemilih itu terdiri dari laki-laki 426.023 jiwa, dan perempuan 477.141 jiwa.

"DPT sudah kami tetapkan pada tanggal 2 Oktober kemarin. Jumlahnya 903.164 jiwa, " kata Komisioner KPU Sumenep, Rahbini, Senin (5/10/2015).

Ia menerangkan, saat ini DPT masih dalam proses cetak sehingga belum bisa diumumkan secara terbuka. Namun sesuai jadwal, sejak tanggal 3-12 Oktober ini merupakan masa penyampaian DPT ke PPS. Dan mulai tanggal 12 Oktober hingga 9 Desember 2015 adalah masa pengumuman.

"Diperkirakan dalam kurun waktu satu dua hari ini DPT sudah selesai cetak dan langsung diumumkan oleh PPS dimasing-masing desa," terangnya.

Rahbini mengungkapkan, jika nantinya DPT sudah diumumkan, pihaknya meminta kepada masyarakat agar pro aktif mengecek apakah sudah masuk di DPT atau tidak.

"Kalau tidak tercover, silahkan melapor ke PPS. Karena warga yang tidak masuk di DPT masih bisa menggunakan hak pilihnya dengan dimasukkan ke daftar pemilih tambahan satu (DPTb-1) dan DPTb-2," ungkapnya.

Untuk DPTb-2 berlaku pada hari H Pilkada dengan persyaratan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan Kartu Keluarga (KK) ke Tempat Pemungutan Suara (TPS), dengan catatan warga setempat.

Pilkada Sumenep dijadwalkan pada tanggal 9 Desember 2015, dan diikuti dua pasangan calon bupati dan calon wakil bupati, yakni A. Busyro Karim-Ahmad Fauzi, nomor urut satu (1), diusung koalisi PKB dan PDI Perjuangan. Kemudian pasangan Zainal Abidin-Dewi Khalifah, nomor urut dua (2) diusung 8 parpol, yakni Partai Demokrat, PAN, PKS, PPP, Gerindra, Hanura, Golkar, dan PBB.