- - - -
Facebook  Twitter  Google+

16/10/2015

Pengiriman APK ke Kepualaun Sumenep Terkendala Transportasi


 lintasmaduranews - Alat peraga kampanye (APK) pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumenep tahun 2015 untuk ke kepulauan yang jauh masih belum dikirim karena terkendala transportasi dan masih menunggu kapal berangkat ke kepulan.
"Kapal yang berlayar ke Pulau Kangean, Sapeken dan Masalembu ini kan tidak setiap hari ada. Karena itu, untuk pengiriman APK, kami harus menunggu ada kapal berangkat," kata Komisioner KPU Sumenep, Malik Mustofa, Jumat (16/10/2015).
Sedangkan untuk kepulauan lain seperti Talango, Gili genting, Raas, dan Sepudi yang jaraknya tidak terlalu jauh, pengiriman APK dilakukan dengan perahu.
"Kalau untuk pulau-pulau yang tidak terlalu jauh ya kami bisa memanfaatkan jasa perahu untuk pengiriman APK," ujar Malik.
Namun ia mengaku bersyukur, sejauh ini relatif tidak ada kendala yang berarti terkait teknis pengiriman APK ke wilayah kepulauan. Bahkan APK untuk 5 kecamatan kepulauan telah dikirim.
"Yang sudah dikirim kemarin itu APK untuk Kecamatan/Pulau Raas, Kecamatan Talango Pulau Poteran, dan Kecamatan/Pulau Giligenting. Menyusul nanti kecamatan Arjasa dan Kangayan, Pulau Kangean," terangnya.
Sedangkan untuk Kecamatan/Pulau Sapeken, pengiriman APK akan dilakukan hari Sabtu (17/10/15), dan Kecamatan/ Pulau Masalembu akan dilakukan pada hari Minggu (18/10/2015).
"Pengiriman APK ke kepulauan jauh itu semuanya mengikuti jadwal kapal. Alhamdulillah sejauh ini tidak ada masalah," ucapnya.
Kabupaten Sumenep terdiri atas 27 kecamatan. Sembilan di antaranya merupakan wilayah kepulauan.
"Kalau APK untuk kecamatan daratan sudah didistribusikan sejak Rabu (14/10/15). Sekarang bahkan sudah ada sebagian yang terpasang. Yang lain masih berkoordinasi dengan tim pemenangan pasangan calon," terang Malik.
Jumlah APK bagi peserta pilkada yang disediakan oleh KPU Sumenep terdiri atas tiga item, yakni baliho sebanyak 10 buah, spanduk 1.336 buah, dan umbul-umbul sebanyak 1.080 buah.
Pilkada Sumenep yang digelar pada 9 Desember 2015 diikuti dua pasangan calon bupati-calon wakil bupati (cabup-cawabup). Pasangan nomor urut 1 yakni A. Busyro Karim dan Ahmad Fauzi, diusung koalisi PKB-PDI Perjuangan didukung NasDem. Kemudian pasangan cabup-cawabup nomor urut 2 adalah Zainal Abidin dan Dewi Khalifah, diusung koalisi 8 parpol, yakni Partai Demokrat, PAN, PKS, PPP, Gerindra, Hanura, Golkar dan PBB.