- - - -
Facebook  Twitter  Google+

22/10/2015

Rayakan Hari Santri, NU Sumenep Gelar Kirab dan Istighosah

lintasmaduranews - Santri, pemuda, dan pelajar di Sumenep melakukan kirab hari santri nasional yang ditetapkan tanggal 22 Oktober 2015, Rabu (21/10/15) malam.

Kata Ketua pengurus cabang GP Anshor Sumenep, M. Muhri, mengatakan, acara tersebut untuk membangkitkan semangat dan mengenang para syuhada yang telah memperjuangkan dan mengusir musuh pada agresi militer II.

Usai kirap yang dilakukan dari depan kantor NU hingga Masjid Jami' Sumenep, seribu santri, pemuda dan pelajar mengikuti istighosah akbar di depan Masjid Jami'.

"Istighosah dan pengajian ini berisi tentang nilai-nilai kesantrian dan kejuangan untuk bangsa," kata Ketua PC NU Sumenep, Panji Taufik.

Ia mengaku sengaja melibatkan pelajar dari sekolah umum, dan bukan hanya santri dari pondok pesantren, karena menurutnya, hari santri bukan hanya milik para santri, tapi untuk semua komponen bangsa.

"Nilai penting dari kesantrian ini bukan semata menjadi santri. Tetapi hakekat kesantrian ini adalah orang yang selalu mencari kebaikan dalam hidup. Kami bersyukur dengan ditetapkannya 22 Oktober ini menjadi hari santri. Mudah-mudahan menjadi momentum untuk lebih terkuaknya nilai-nilai kesantrian di Sumenep," tandas Panji.