- - - -
Facebook  Twitter  Google+

30/10/2015

Sampang Butuh 1.770 Guru PNS


lintasmaduranews - Pemerintah Kabupaten Sampang butuh ribuan guru dengan status pegawai negeri sipil (PNS) dengan tersebar pada seluruh wilayah.

Kasi Promosi dan Mutasi  Dinas Pendidikan Kabupaten Sampang Achmad Fathori menyatakan, kekurangan guru PNS di wilayahnya mencapai 1.770 orang.

"Kekurangan guru ini memang cukup banyak dengan banyaknya guru yang mulai pensiun. Itu juga diperparah dengan rekrutmen CPNS yang tidak seimbang dengan kebutuhan," ucap Achmad Fathori, Jum'at (30/10/2015).

Menurutnya, meski masih kekurangan guru PNS dengan jumlah yang tinggi, namun hal tersebut bukan berarti menjadi salah satu pemicu rendahnya kualitas pendidikan.

Fathori menambahkan, hasil pendataan Disdik Sampang pada tahun 2015, kekurangan guru PNS diprediksi akan  terus meningkat, sebab kekurangan guru tingkat SD sudah mencapai 1.680 tenaga pendidik, sementara untuk SMP sebanyak 90 guru.

"Untuk guru tingkat SMA dan sederajat masih kita data, dan belum kita tentukan kekuranganya," ungkapnya.

Sementara, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Sampang Slamet Terbang mengaku, dengan kekurangan tenaga PNS tersebut, pihaknya sudah dua kali mengirim surat kepada Pemerintah Pusat untuk ditindaklanjuti.

"Kita sudah dua kali mengirim surat langsung ke Presiden, tapi hingga saat ini belum ada tanggapan," kata Slamet Terbang.

Bahkan, lanjut Slamet, tahun 2015 di Kabupaten Sampang belum ada penerimaan atau pengangkatan CPNS sesuai dengan petunjuk dari Kemenpan. Namun untuk tahun depan, dimungkinkan ada kesempatan.