- - - -
Facebook  Twitter  Google+

21/10/2015

Satpol PP Sampang Kewalahan Tertibkan Penambang Liar

lintasmaduranews - Satpol PP Sampang, Madura, Jawa Timur, tidak berdaya dalam menertibkan penambangan pasir liar di kawasan camplong dengan alasan penambang anggaran untuk operasi penertiban masih minim.

Maraknya aktivitas penambangan pasir ilegal di pesisir pantai Camplong, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang membuat Satpol PP setempat tidak berdaya untuk mengatasi.

Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Satpol PP Kabupaten Sampang Moh Jalil mengaku, sulitnya melakukan penertiban aktivitas penambangan pasir ilegal disebabkan dilakukan oleh perorangan.

"Untuk penambangan pasir ini sulit dihentikan karena kebanyakan perorangan, jadi ketika satu ditangkap, ada lagi yang melakukan penambangan pasir," jelasnya, Selasa (20/10/2015).

Selama ini, pihaknya sudah sering melakukan penyisiran dan penangkapan kepada sejumlah penambang pasir, termasuk mendatangani kesepakatan agar tidak melakukan penambangan.

"Tapi selang berapa bulan penambang pasir masih muncul, pengawasannya masih kurang maksimal karena anggaran dalam kegiatan tersebut minim," terang Jalil.

Pantauan di lapangan, aktivitas penambangan pasir di pesisir pantai Camplong memang terus menjamur. Aktivitas tersebut bisa sering dijumpai saat air laut surut. Kegiatan ini dilakukan secara terbuka, sebab posisi penambangan berada di pinggir jalan antar kabupaten di Madura.