- - - -
Facebook  Twitter  Google+

13/10/2015

Sidang PK Pembunuhan Ulama Sampang Berakhir Ricuh

lintasmaduranews - Sidang di Pengadilan Negeri (PN) Sampang dengan agenda Peninjauan Kembali (PK) yang diajukan Mattawi terpidana kasus pembunuhan Alm Habil Alwi salah satu ulama di Kabupaten Sampang berakhir ricuh. 
Kericuhan terjadi di depan PN Sampang, setelah Majelis Hakim menyatakan, berkas hasil sidang PK Mattawi akan diserahkan ke Mahkamah Agung. Bahkan, ratusan massa juga sempat mengejar mobil tahanan yang membawa Mattawi.
Abdul Azis, Koordinator simpatisan Alm Habib Alwi mengaku kecewa dengan keputusan majelis hakim yang masih akan menyerahkan berkas hasil sidang ke Mahkamah Agung.
"Kami kecewa dengan keputusan Hakim, kenapa tidak diputuskan di PN Sampang saja," kata Abdul Azis usai sidang kepada sejumlah awak media, Selasa (13/10/2015).
Dirinya berharap Mahkamah Agung memberi keputusan yang adil, sebab menurutnya, Mattawi yang merupakan otak pembunuhan Alm Habib Alwi tidak patut mendapat keringanan.
"Semoga Mahkamah Agung bisa bersikap adil sesuai dengan kejadian nyata. Tentunya kami menolak terhadap PK ini," harapnya.
Sementara itu, Humas PN Sampang Darmo Wibowo menerangkan, bahwa berkas tersebut memang akan diserahkan ke Mahkamah Agung sesuai dengan aturan, sebab dalam sidang PK, pihak PN tidak bisa memberi keputusan.
"Keputusan PK itu diterima atau tidak memang sudah menjadi ranah MK, kalau PN sendiri hanya sebagai peminta keterangan saja dari pemohon PK," terang Darmo.
Sidang PK Mattawi kali ini merupakan sidang yang ketiga kalinya. Dua sidang sebelumnya ditunda mejelis hakin, lantaran Mattawi selaku pemohon tidak hadir dalam persidangan.