- - - -
Facebook  Twitter  Google+

27/11/2015

Angin Puting Beliung Terjang Desa Bancelok, Puluhan Rumah Rusak Parah

lintasmaduranews - Angin Puting Beliung menerjeng Dusun Gumedang Desa Bencelok, Kecamatan Jrengik, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, Kamis (26/11/2015) sekitar pukul 13.00 Wib. Akibatnya puluhan rumah roboh dan rusak parah serta banyak pohon yang tumbang.

Puluhan rumah mengalami rusak di bagian atap dan genting. Sedangkan pohon yang tumbang ke tengah jalan raya mengganggu arus lalu lintas.

“Waktu ada hujan deras ditambah angin kencang itu puluhan rumah di sini sebagian rata dengan tanah, begitu kencangnya sampai pohon di jalan raya tumbang ke badan jalan sampai macet,” ucap Maniri (63), warga setempat.

Maniri menceritakan, munculnya angin puting beliung dari arah barat menuju ke timur selama tiga kali beruturut-turut. Hanya butuh waktu sampai 15 menit angin kencang menyapu rumah warga. Mengetahui hal itu, ia bersama keluarga keluar dari rumah untuk menyelamatkan diri.

“Alhamdulilah tidak ada korban jiwa, cuman rumah kami saja terkena angin putiing beliung, dari sejak dulu kami belum menemukan bencana alam seperti ini dan baru kali ini terjadi,” katanya dengan rawut wajah penuh kekhawatiran.

Terpisah, Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sampang, Anang Joenaidi membenarkan kejadian itu. Namun, pihaknya masih belum bisa memberikan data pasti berapa jumlah rumah warga yang tekena angin puting beliung.

“Karena sampai saat ini kami masih menerjunkan petugas untuk melakukan pengecekan dan pendataan di lapangan. Hanya tadi ada petugas di lapangan menyebutkan hanya satu rumah, itupun di pertokoan yang ada di pinggir jalan raya,” tuturnya.