- - - -
Facebook  Twitter  Google+

03/11/2015

Bocorkan Dokumen Keuangan Rahasia, Uskup Ditangkap Otoritas Vatikan

lintasmaduranews - Seorang uskup bernama Lucio Angel Vallejo Balda (54) dan karyawan bernama Francesca Chaouqui (33) ditangkap oleh otoritas Vatikan. Keduanya ditangkap pada hari Minggu (1/11) karena dicurigai telah membocorkan sebuah dokumen rahasia.
Dilansir dari BBC, Selasa (3/11/2015), keduanya merupakan anggota komisi bentukan Paus Fransiskus yang membidangi keuangan. Pejabat Vatikan percaya, mereka telah membocorkan dokumen tentang penyelidikan korupsi keuangan di Vatikan kepada wartawan.
Dokumen tersebut merupakan catatan keuangan Vatikan yang kontroversial. Salah satu wartawan bernama Gianluigi Nuzzi ikut terlibat dalam skandal kebocoran tersebut.
Sebelumnya, skandal kebocoran ini juga pernah menimpa pelayan dari Paus Benediktus XVI. Pelayan bernama Paolo Gabriele dinyatakan bersalah setelah mencuri dan menyalin dokumen dari meja Paus.
Gabriele kemudian dihukum penjara, namun Paus Benediktus XVI mengampuninya. Vatikan lalu menyebut insiden tersebut sebagai pengkhianatan serius terhadap kepercayaan.