- - - -
Facebook  Twitter  Google+

05/11/2015

Cara Mencuci Bra dan Lingerie yang Baik

lintasmaduranews - Mencuci bra dan lingerie seringkali menimbulkan dilema, lebih baik dicuci dengan tangan atau mesin cuci? Beberapa orang menyarankan untuk mencuci bra atau lingerie menggunakan tangan demi menjaga bentuk dan agar lebih tahan lama. Namun sebagian lagi lebih memilih dengan mesin cuci agar bersih maksimal.

Dicuci dengan tangan atau mesin, sebenarnya tidak jadi soal asalkan diperhatikan terlebih dahulu bahan, tipe dan kualitas bra yang digunakan. Pastikan Anda memeriksa label produk, apakah aman dicuci dengan mesin dan bagaimana perawatan yang benar.
1. Langkah Awal Baik mencuci dengan tangan atau mesin, sangat penting untuk memisahkan bra dan lingerie sesuai warnanya. Bra warna putih, abu-abu dan krem sebaiknya dipisahkan dengan bra berwarna pekat seperti hitam, merah atau biru. Anda tentunya tidak mau bra berwarna putih dan krem terkena luntur. Meskipun tidak terlihat dari luar, tapi bra yang luntur cukup mengganggu mood dan kepercayaan diri.
2. Mencuci dengan Mesin Atur mesin cuci sebelum memasukkan bra dan lingerie ke dalamnya. Pilih mode mencuci 'delicate' atau 'wool' yang artinya, putaran mesin tidak terlalu cepat dan kuat. Tapi pelan dan lembut sehingga tidak merusak kain maupun bahan bra. Disarankan juga mencuci dengan air dingin, karena air panas atau hangat bisa merusak serat kain. Semakin tinggi temperatur air, bra Anda akan semakin berisiko menciut dan warnanya memudar. 
Pisahkan juga bra dengan pakaian lainnya. Jika ingin digabungkan, sebaiknya dengan pakaian berbahan ringan seperti sifon, kashmir atau satin. Jangan digabungkan dengan jeans atau sweater. Disarankan juga memasukkan bra dan lingerie ke dalam sarung bantal untuk mencegah tali dan pengait bra tersangkut dan rusak. 
3. Mencuci dengan Tangan Beberapa produk bra dan lingerie ada yang dilabeli hanya boleh dicuci dengan tangan. Mencuci bra secara manual memang sedikit merepotkan dan perlu ketelatenan, tapi itu diperlukan demi menjaga pakaian dalam Anda lebih tahan lama.
Isi ember atau baskom dengan air dingin atau suam-suam kuku (jangan air panas), lalu tuangkan sedikit deterjen. Jika ingin pembersih yang lebih lembut dan aman, Anda bisa menggunakan sampo bayi. Rendam bra dan lingerie dalam cucian selama 10 menit, setelah itu kucek hanya pada bagian yang kotor atau bernoda. Kemudian bilas dengan air bersuhu dingin sampai tidak terlihat lagi ada buih busa.
Untuk bra dengan material lace, sebaiknya dipisahkan dari pakaian dan jenis bra lainnya. Sebelum dicuci, perhatikan apakah ada noda yang perlu dibersihkan terlebih dahulu. Jika ada, hilangkan dengan cairan pembersih noda khusus yang aman untuk kain berbahan lembut dan tipis. Setelah itu baru rendam dalam air yang telah dicampur sabun cair, diamkan selama 10 menit lalu bilas. Tidak perlu memeras air pada bra, langsung gantung menggunakan hanger dan jemur di ruang terbuka.