- - - -
Facebook  Twitter  Google+

19/11/2015

DPRD Sampang Studi Banding ke Banjarmasin

lintasmaduranews - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sampang melakukan studi banding ke Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan terkait pengesahan Anggaran Pendapatan Asli Daerah (PAD), Kamis (19/11/2015).

Studi banding yang terut serta di dalamnya Badan Anggaran (Banggar) DPRD tersebut direncanakan selama tiga hari berada di Banjarmasin.

Sebagaiman dilansir beritajatim.com, Sekertaris Dewan (Sekwan) DPRD Sampang, Sudarmanto mengatakan, Study banding itu sudah menjadi agenda kedinasan DPRD untuk belajar masalah pengesahan anggaran agar lebih cepat dari tahun-tahun sebelumnya.

" Materi utamanya adalah soal pengesahan anggara pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2016, sehingga nantinya pengesahan anggaran di Sampang bisa dipercepat dengan mencontoh pola yang dilakukan oleh pemerintah kota Banjarmasin," terangnya, Kamis (19/11/2015).

Terkait jumlah dana yang digunakan untuk studi banding, Sudaramnto mengaku belum bisa merinci secara pasti. Sebab, penggunaan anggaranya menggunakan sistem ad cost (sesuai kebutuhan) para wakil rakyat itu. Hanya saja ia memastikan jika setiap anggota mendapat jatah Rp.300 ribu perhari selama tiga hari.

" yang jelas setiap anggota mendapatkan uang saku Rp.300 ribu selama tiga hari berturut-turut. Sedangkan untuk penginapan, tranportasi dan konsumi belum kita total, karena menggunakan sistem ad cost yang secara otomatis akan dipertanggung jawabkan setelah acara selesai," tandasnya.

Disisi lain Sudarmanto mengatakan, Perdin 20 anggota Banggar itu sengaja dilakukan dengan cara ad cost guna menghindari adanya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti perjalanan fiktif yang bisa menjadi sorotan Badan Pemeriksa Keuangan.