- - - -
Facebook  Twitter  Google+

10/11/2015

Komisariat PMII STITA Sumenep Tahlilan untuk Pahlawan Bangsa

lintasmaduranews - Sejumlah aktivis mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Aqidah Usymuni (STITA) Sumenep, memperingati Hari Pahlawan di taman makam pahlawan (TMP) setempat di Kecamatan Kota, Selasa (10/11/2015).

Ketua Komisariat PMII STITA Sumenep, Khoirul Rosyidi mengatakan, kegitan tersebut dilaksanakan untuk mengenang para pahlawan yang telah gugur dalam merebut kemerdekaan dari penjajah. 

"Kami sengaja menggelar serangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Pahlawan di TMP Sumenep guna mengingatkan diri kami sendiri dan kader PMII STITA Sumenep atas jasa para pahlawan yang gugur dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan RI," paparnya, Selasa (10/11/2015).

Rangkaian kegiatan acara yang dilakukan yaitu bersih-bersih tempat makam Pahlawan, pembacaan Yasin dan tahlilan dikhususkan kepada para pahlawan yang telah gugur.

Setelah sholat Maghrib, para kader PMII STITA Sumenep membaca surat Yasin secara bersama-sama dan dilanjutkan tahlil guna mendoakan para pahlawan yang telah gugur, terus dilanjutkan nonto bareng film Soekarno.

"Refleksi dan nonton bareng itu merupakan cara kami untuk menanamkan nilai-nilai kepahlawanan kepada para kader PMII. Perjuangan dan pengorbanan tanpa pamrih yang dilakukan para pahlawan harus dimiliki para kader PMII sebagai generasi muda untuk mengisi kemerdekaan," ucapnya.

Rosyidi menjelaskan, PMII sebagai bagian dari elemen bangsa akan senantiasa melakukan pergerakan nyata untuk "membumikan" nilai-nilai kepahlawanan sebagaimana yang dilakukan para pejuang pada masa merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

"Tidak melupakan jasa para pahlawan merupakan kewajiban bagi seluruh warga negara Indonesia. Namun, kewajiban terpenting lainnya adalah memberikan manfaat yang sebesar-sebesarnya kepada bangsa dan negara tercinta sesuai bidang pekerjaan dan profesi masing-masing," pungkasnya.