- - - -
Facebook  Twitter  Google+

01/11/2015

Musik Tradisional Tong-Tong Meriahkan Hari Jadi Sumenep ke 746

lintasmaduranews - Sebanyak 16 grub musik perkusi tradisional tong-tong memeriahkan perayaan hari jadi Kabupaten Sumenep ke 746 tahun, Sabtu (31/10/2015) malam.
Festival arak-arakan musik perkusi tradisional tong-tong dengan start dari kawasan GOR Sumekar Sumenep ini, menyedot perhatian dari puluhan ribu masyarakat.
Pelaksana Harian (PLH) Bupati Kabupaten Sumenep Hadi Soetarto mengatakan, perayaan hari jadi Kabupaten Sumenep dengan festival musik tradisional dilakukan sebagai bentuk mempertahankan budaya Madura.
"Meski musik tong–tong saat ini telah terjadi perubahan dalam bentuk, namun musik tong–tong merupakan kreasi baru yang patut dibanggakan," ucap Hadi Soetarto, Sabtu (31/10/2015) malam.
Sementara, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumenep Sofianto menyatakan, selain untuk mengibur masyarakat, festival ini memperebutkan trophy bergilir Bupati Kabupaten Sumenep.
"Untuk kreteria penilaian dititik beratkan kepada pada kekompakan, harmonisasi, kedisiplinan, dan ketertiban di jalan," jelasnya.
Festival musik tong tong sendiri sudah menjadi agenda rutin tahunan di Kabupaten Sumenep. Dengan langkah seperti ini masyarakat akan lebih mengenal warisan leluhur dan sepatutnya dijaga dan dilestarikan bersama.

Sumber :rri