- - - -
Facebook  Twitter  Google+

23/11/2015

Obama Ajak Pemimpin Dunia Hadiri COP21 di Paris

lintasmaduranews - Presiden AS Barack Obama menyatakan dirinya akan tetap menghadiri COP21 yang akan diselenggarakan di Paris, Prancis akhir November ini. Dia juga meminta para pemimpin dunia turut hadir dalam pertemuan yang akan membahas lingkungan ini dan tak perlu takut akan aksi teror yang terjadi sebelumnya.

"Saya pikir ini amat vital bagi setiap negara, setiap pemimpin, untuk menunjukkan sinyal bahwa para pembunuh itu tak akan menghentikan urusan vital dunia," ujar Obama saat menghadiri KTT Asia-Pasifik di Kuala Lumpur, Malaysia, seperti dilansir AFP, Minggu (22/11/2015).

Sebelumnya telah terjadi aksi teror di Paris pada Jumat malam (13/11/2015) yang menewaskan ratusan orang. Hingga saat ini pengamanan di Prancis diperketat dan perburuan tersangka teror juga dilakukan hingga ke Belgia.

Dalam kaitan memburu teroris, Obama menyebut senjata utama kita adalah dengan menunjukkan ketidaktakutan. Teroris, kata dia, akan merasa misinya berhasil apabila keberadaannya ditakuti.

Sepekan terakhir ini Obama juga telah sukses menghadiri agenda bersama para pemimpin negara-negara Asia-Pasifik dalam KTT G20 di Turki, KTT APEC di Filipina, hingga KTT di Malaysia ini. Pada pertemuan-pertemuan tersebut juga terus diserukan perlawanan terhadap teroris.

Acara Climate Change Conference atau COP21 akan dibuka secara resmi pada 30 November di Le Bourget, di kawasan tepi utara Paris, Prancis. Fokus utama pembahasannya yakni pada perubahaan iklim global.

Obama dijadwalkan hadir bersama tamu kepala negara lainnya di Paris pada 30 November hingga 1 Desember mendatang. Para diplomat mengharapkan di akhir acara ini bisa tercapai kesepakatan baru untuk mengurangi emisi global. 

Sumber : Detik