- - - -
Facebook  Twitter  Google+

27/11/2015

Pemkab Sumenep Anggarkan Rp.2,6 M untuk PLTS di Kangean dan Sapeken

lintasmaduranews - Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menganggarkan Rp.2,6 miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah untuk membantun PLTS di Pulau Kangean dan Sapeken.

Kepala Kantor Energi Sumber Daya Mineral ( ESDM ) Sumenep, Abd Kahir merinci dana tersebut, untuk Pulau Sapeken Rp.1,3 M dan begitu juga Pulau Sapeken mendapat Rp.1,3 M.

"Rinciannya dana Rp 2,6 M itu dibagi dua, yakni masing-masing pulau sebesar Rp 1,3 miliar sehingga total keduanya Rp 2,6 miliar. Dananya telah disiapkan dari APBD tahun 2015," ujar Abd Kahir, Kamis (26/11/2015).

Kahir berharap, PLTS itu nantinya dapat memenuhi kebutuhan warga dalam mendapat penerangan listrik sehingga warga tidak lagi mengalami gelap dan bisa beraktivitas malam hari.

"Kami harapkan tidak lagi ada keluhan soal lampu penerangan di dua kepulauan teraebut. Dan pembangunan PLTS itu akan juga diusahakan bagi kepulauan terpencil lainnya yang tidak terjangkau PLN," pungkasnya.

Sementara Manajer PT PLN Sumenep, Slamet mengatakan, PLTS memiliki kelebihan bisa menangkap panas dari matahari lebih baik sehingga menghasilkan energi listrik secara maksimal. "Dengan begitu ketergantungan akan bahan bakar solar untuk pembangkit lsitrik tenaga diesel akan berkurang siginifikan," jelasnya.

Guna mewujudkan rencana tersebut Pemerintah Kabupaten Sumenep melakukan penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of understanding/MoU) dengan PT PLN Pembangkitan Jawa Bali.