- - - -
Facebook  Twitter  Google+

15/11/2015

Pemkab Sumenep Anggarkan Rp.135 Juta untuk Perawatan 2 Wisata Religi

lintasmaduranews - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep mengaanggarkan Rp.135 juta untuk pemeliharaan dua tempat wisata yaikni makam pangeran Mandaraga, di Desa Keles, Kecamatan Ambunten, dan Gua Kuning, di Kecamatan/Pulau Kangean, Sumenep.

“Anggaran untuk makam Pangeran Mandaraga Rp 60 juta. Sedangkan untuk Gua Kuning Rp 75 juta,” kata Kepala Disbudparpora Sumenep, Sofiyanto, Minggu (15/11/2015).

Dia menambahkan, alasan penganggaran dua tempat wisata relegi tersebut makam Pasarean Pangeran Mandaraga kondisinya kurang perawatan. Selain itu asta Pangeran yang berkuasa hingga 1339 itu dikategorikan asta yang cukup unik dibandingkan asta-asta lain, yang ada di Kabupaten Sumenep.

“Asta pangeran Mandaraga memiliki panjang sekitar 7 meter, jadi sangat unik bila dibandingkan asta pengeran yang lain di Sumenep,” katanya.

Sedangkan alasan untuk penganggaran Gua Kuning karena Gua Kuning yang berada di bagian utara Pulau Kangean tidak pernah sepi pengunjung, sangat banyak wisatawan yang datang ke tempat tersebut.

Sayangnya meskipun selalu ramai, fasilitas disekitar Gua tersebut sangat minim. Seperti infrastruktur jalan masih kumuh sehingga tidak bisa dilalui oleh kendaraan bermotor.

“Makanya tahun depan kami merencanakan pembangunan pafing dari bawah hingga sekitar gua,” terangnya.

Sementara anggaran untuk asta pangeran Mandaraga, akan dialokasikan untuk pembangunan congkop dan rehap moshalla. Selian itu, bantuan tersebut akan dianggarkan  untuk pemagaran.