- - - -
Facebook  Twitter  Google+

10/12/2015

29 TKI Asal 4 Kabupaten di Madura Dideportasi dari Arab Saudi

lintasmaduranews - Sebanyak 29 Tenaga Kerja Indonesia asal Madura, Jawa Timur didepotasi dari negara Arab Saudi. Mereka berasal dari Kabupaten Sampang 7 orang, Kabupaten Bangkalan 5 orang, Kabupaten Sumenep 4 orang dan Kabupaten Pamekasan sebanyak 13 orang.
Teguh Waluyo Kepala Seksi (Kasi) Tenaga Kerja dan Transmigrasi Dinas Sosial, Tenaga Kerja Dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Sampang membenarkan jika pada tahun 2015, ada warga Sampang yang direncanakan di deportasi dari Jedda, Arab Saudi. Pemulangan TKI tersebut, lantaran di negara mereka bekerja menerapkan peraturan mengenai TKI yang mengantongi ijin tinggal (visa) telah habis masanya.
Sehingga, TKI tersebut terkena razia overstayer untuk dipulangkan ke kampung halamannya. Namun, pihaknya sebatas mendengar informasi dan belum mendapatkan surat resmi dari kementerian Luar Negeri.
"Tahun ini ada TKI Sampang terdeportasi karena over stayer di Jeddah," terangnya, Kamis (9/12/2015).
Selain dideportasi, pihaknya mengatakan, di tahun 2015, terhitung dari bulan Januari hingga bulan Nopember lalu, sebanyak 8 TKI asal Sampang meninggal dunia di luar negeri. Termasuk dua warga Sampang yang meninggal dunia di Jeddah yaitu Nanik Wulandari asal Jalan Wilis, Kelurahan Rong Tengah, Sampang karena sakit dan Munawi bin Miadin asal Kampung Tengkar, Desa Jungkarang, Kecamatan jrengik karena tersengat aliran listrik.
"Di tahun ini yang terbanyak TKI meninggal di Malaysia, dan ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya," pungkasnya.