- - - -
Facebook  Twitter  Google+

02/12/2015

730 Polisi Tanjung Priok Siaga Datangnya Massa HMI dari Kongres

lintasmaduranews - Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) bertolak ke Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara setelah melakukan kongres di Pekanbaru, Riau. Untuk mengamankan kepulangan para mahasiswa ini, Polres Pelabuhan Tanjung Priok menyiagakan personel di dermaga.

"Kami siapkan pengamanan untuk memperlancar kepulangan massa HMI ini agar tidak menimbulkan gangguan kamtibmas. Ada 730 personel gabungan dari aparat kepolisian, KPLP dan syahbandar pelabuhan serta TNI yang akan mengamankan kegiatan ini," kata Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Hengki Haryadi sebagaimana dimuat detikcom, Rabu (2/12/2015).

Setelah menggelar kongres di Pekanbaru, Riau, massa HMI dari wilayah timur melakukan perjalanan pulang lewat jalur darat lalu ke Pelabuhan Merak dan berakhir di Pelabuhan Tanjung Priok.

"Massa mahasiswa HMI berjumlah kurang lebih 540 orang dan akan diberangkatkan menuju wilayah timur dengan menggunakan kapal KM Tidar," imbuh Hengki.

Untuk bersiap melakukan pengamanan, aparat Polres Pelabuhan Tanjung Priok terlebih dahulu diberikan arahan oleh kapolres terkait cara bertindak yang harus dilakukan aparat dalam kegiatan ini. Massa HMI sendiri diperkirakan tiba di Pelabuhan Tanjung Priok sekitar pukul 02.00 WIB nanti.

"Saat rombongan tiba di Pelabuhan Tanjung Priok akan segera kami lakukan pemeriksaan," kata dia

Polisi akan mengawal massa hingga ke tempat duduk masing-masing. Sementara massa akan dikawal dari Merak ke Pelabuhan Tanjung Priok oleh petugas Patroli Jalan Raya (PJR) Polda Metro Jaya.

Upaya ini dilakukan untuk mengantisipasi tindakan anarkis massa selama dalam perjalanan. Untuk diketahui, sebelum berangkat ke Riau, massa memaksa petugas pelabuhan Makassar untuk memberikan diskon tiket.

Tak sampai di situ saja, saat melakukan kongres di Riau mereka juga merusak gedung yang dipakai peserta kongres.