- - - -
Facebook  Twitter  Google+

04/12/2015

Lima Pemuda Bangkalan Mencuri Kabel Telkom

lintasmaduranews - Lima pemuda NW (26), SB (21), JM (20), SM (21), dan MH (21) dari Desa Klabetan, Kecamatan Sepuluh, Bangkalan, Pulau Madura, meringkuk di tahanan Mapolres Bangkalan setelah tepergok mencuri kabel milik PT Telkom di desa setempat, Kamis (3/12/2015).

Mereka mencuri kabel berbahan tembaga solid yang berfungsi sebagai penangkal petir itu sebanyak dua kali. Aksi pertama mereka lakukan pada Kamis (19/11/2015) dan berhasil mengumpulkan 3 kilogram tembaga. Kawanan pemuda ini menggunakan batu untuk memotong kabel.

"Dipotong pakai batu. Setelah ditimbang laku Rp 300 ribu untuk tiga kilogram. Dibagi rata untuk beli rokok dan makan," ungkap NW di hadapan penyidik Polres Bangkalan.

Hasil itu membuat mereka kembali beraksi di lokasi dan tower yang sama. Namun, aksi kedua mereka yang dilakukan Rabu (25/11/2015) dipergoki penjaga tower, Abdurrahman.

Kasubag Humas Polres Bangkalan AKP Ipung Abd Muis menyatakan, aksi kelima pemuda pencuri kabel itu sejatinya sudah terendus penjaga sejak aksi pertama.

"Karena antara para pelaku dan penjaga satu desa, jadi sudah saling kenal. Akhirnya para pelaku dipanggil setelah kembali beraksi," terang Ipung.

Atas pencurian tersebut, PT Telkom mengalami kerugian sebesar Rp 10 juta kendati kabel yang dicuri dihargai Rp 300 ribu.

"Aksi kedua gagal setelah penjaga besama tokoh desa memanggil mereka. Telkom tidak hanya mengganti kabel yang dicuri saja namun semua diganti," pungkasnya.

Satreskrim Polres Bangkalan menyita kabel tembaga, kaos warna merah lengan panjang, celana jean, dan dua batu yang digunakan para pelaku.
Mereka terancam hukuman pidana minimal lima tahun penjara karena melanggar Pasal 363 KUHP terkait pencurian. (Surya)