- - - -
Facebook  Twitter  Google+

24/12/2015

Pengelola Masjid Istiqlal Sediakan Parkir Buat Jemaat Katedral

lintasmaduranews - Untuk antisipasi membludaknya jemaat Gereja Katedral, pengelola Masjid Istiqlal menyediakan tempat parkir mobil bagi mereka yang hendak melaksanakan ibadah Natal.

Juru bicara kepanitiaan perayaan Natal Gereja Katedral Jakarta, Erik Muliawan, mengatakan hal tersebut merupakan bentuk toleransi yang dijalin antara pengelola Gereja Katedral dan pengelola Masjid Istiqlal.

"Sementara itu, Gereja Katedral Jakarta telah menyiapkan tiga waktu ibadah Misa malam Natal dan lima kali waktu Misa Hari Raya Natal," kata Erik, sebagaimana dilansir Antara, Kamis (24/12).

Misa pada malam Natal sendiri akan diadakan pada pukul 17.00 WIB, 19.30 WIB, dan 22.00 WIB. Kemudian, untuk Misa Hari Raya Natal akan dilaksanakan pada pukul 06.00 WIB, 07.30 WIB, 09.00 WIB, 11.00 WIB dan 18.00 WIB. Lebih jauh, Erik menjelaskan bahwa Misa pertama Hari Raya Natal akan dipimpin Uskup Agung Jakarta Ignatius Suharyo.

Erik mengatakan demi kelancaran ibadah, panitia menyediakan 3.900 kursi. Menurut perkiraannya, jemaat yang akan hadir sekitar 10.00 sampai 15.000 jemaat. Misa, katanya, mengambil tema," Hidup Bersama Sebagai Keluarga Allah".

Selain itu, kata Erik, panitia juga mendekorasi Gereja Katedral dengan 1.000 pohon yang ditanam dalam pot kecil, yang artinya serupa dengan makna kehidupan.

"Panitia juga akan membantu keamanan lingkungan gereja. Sebanyak 400 personel polisi akan membantu mengamankan," kata Erik.

Sebelumnya, pihak Polres Metro Jakarta Selatan memastikan akan ada tiga hingga empat personel yang ditempatkan di setiap gereja untuk mengamankan perayaan Natal dalam Operasi Lilin 2015.

"Gereja yang jauh dari pos pengamanan dijaga empat personel, sedangkan gereja yang dekat pos pengamanan ada dua hingga tiga personel," kata Kapolres Metro Jakarta Selatan Komisaris Besar Polisi Wahyu Hadiningrat di Jakarta, Rabu (23/12).

Wahyu mengungkapkan, untuk pengamanan Natal kali ini pihaknya mengerahkan 1200 personel dan mendirikan 16 pos pengamanan yang tersebar di 10 Polsek.

Nantinya, para petugas itu akan mengamankan 112 gereja yang tersebar di seluruh wilayah hukum Polres Jakarta Selatan.

Diungkapkannya, terdapat 24 titik lokasi yang akan mendapatkan pengamanan petugas selain tempat ibadah gereja.

Dalam Operasi Lilin kali ini, polisi melakukan penjagaan untuk perayaan Maulid Nabi, Natal dan pergantian Tahun Baru akan digelar mulai 24 Desember 2015 hingga 2 Januari 2016. (Antara)