- - - -
Facebook  Twitter  Google+

03/12/2015

Penjabat Bupati Sumenep Nilai Gili Labak Berpotemsi Jadi Wisata Bahari Andalan

lintasmaduranews - Keindahan Pantai  Pulau Gili Pulau Gili Labak, Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep dinilai potensial untuk dikembangkan menjadi wisata bahari andalan.

"Pulau Gili Labak ini sangat potensial dikembangan sebagai wisata bahari. Kondisinya masih alami. Suasana 'back to nature' itu yang menarik banyak wisatawan," kata Penjabat Bupati Sumenep, Sudarmawan, Kamis (03/12/15).

Pulau Gili Labak dikenal dengan hamparan pasir putihnya, dan pemandangan bawah laut yang menawan. Sejumlah wisatawan menilai Pulau Gili Labak cocok untuk 'snorkeling' dan 'diving'. Bahkan ada warga setempat yang menyewakan peralatan 'snorkeling' dan 'diving' bagi wisatawan.

"Waktu saya dan staff mengunjungi Pulau Gili Labak  beberapa waktu lalu, bertemu cukup banyak pengunjung. Sebagian besar berasal dari luar kota Sumenep. Bahkan ada yang dari mancanegara. Rata-rata memang tertarik karena Gili Labak masih alami," ujar Sudarmawan.

Ia mengatakan, 'PR' yang harus dibenahi di Gili Labak adalah penyediaan air bersih. Selama ini air yang ada masih berupa air asin. Pihaknya telah meminta ESDM dan Dinas PU Cipta Karya untuk melakukan penelitian geolistik, guna mendeteksi letak sumber-sumber air.

"Kalau sumber airnya sudah ketemu, baru dilakukan pengeboran. Yang terjadi selama ini, warga melakukan pengeboran sendiri, dan air yang keluar ternyata asin," ucapnya.

Sudarmawan menambahkan, fasilitas yang mulai dibagun pemerintah daerah saat ini adalah tambat labuh perahu. Selama ini perahu tidak bisa tambat ke bibir pantai, sehingga banyak wisatawan mengeluh karena harus berjalan kaki melewati air dengan terumbu karang.

"Kalau sudah ada tambat labuh perahu kan enak. Tidak perlu melewati karang-karang. Bisa langsung dekat pasir pantainya. Pembangunan tambat labuh perahu itu dilakukan Dinas Kelautan dan Perikanan. Kalau tidak selesai tahun ini, maka akan dilanjutkan pada 2016," ungkapnya.

Sumber : beritajatim