- - - -
Facebook  Twitter  Google+

07/12/2015

RTK XIII PMII Komisariat STKIP PGRI Sumenep Menetapkan Suryadi sebagai Ketua

lintasmaduranews - Pengurus Komisariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PK PMII) STKIP PGRI Sumenep melaksanakan Deklarasi Angkatan dan Rapat Tahunan Komisariat (RTK) ke XIII di lantai 2 Kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Sumenep, Minggu (6/12/2015).

Selain anggota dan kader PMII Komisariat STKIP PGRI Sumenep, hadir juga Majlis Pembina Komisariat (Mabinkom), Ikatan Alumni PMII, Pengurus Cabang PMII Sumenep, Pengurusdan Komisariat PMII UNIJA, Pengurus Komisariat PMII STITA, Pengurus Komisariat PMII Pragaan, dan Ketua STKIP PGRI Sumenep, Musaheri.

Ketua Angkatan Sarekat Demokrasi Islam Sumenep (SADIS), Miftahol Hendra, dalam sambutannya mengatakan, setelah Angkatan Sadis dideklarasikan, pihaknya akan melakukan banyak kegiatan yang mendukung terhadap pengembangan intelektual dan kreatifitas anggotanya.  

"Kami nanti akan melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat kepada kita semua, di antaranya adalah memperkuat persatuan keanggotaan, kajian-kajian, dan terciptanya budaya literasi," paparnya.

Setelah Ketua Angktan SADIS, Ketua Komisariat PMII STKIP PGRI Sumenep, Ulifiyah juga menyampaikan, setiap kader PMII harus punya rasa cinta terhadap PMII. Dengan rasa cinta itu, lanjutnya, akan terus semangat dalam beraktifitas.

"Bila cinta terhadap PMII sudah tertanam dalam jiwa, melakukan kegiatan-kegiatan di PMII pasti semangat, walaupun dalam keadaan capek," katanya.

Ulifiyah juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberi arahan dan motivasi selama masa kepemimpinannya di Komisariat PMII STKIP PGRI Sumenep. Selain itu juga menyampaikan permohonan maaf atas kekurangannya selama memimpin.

"Kami sampaikan terima kasih kepada Mabinkom, Alumni, Pengurus Cabang, dan Shabat-Sahabati PMII lainnya serta berbagai pihak yang telah menyampaikan arahan kepada kami sehingga kami bisa melakukan kegiatan-kegiatan di Komisariat dan bisa memecahkan persoalan dengan elok. Selain itu, kami mohon maaf atas segala keterbatasan yang kami miliki, mungkin hanya itu kemampuan kami," sambutnya.

Ketua STKIP PGRI Sumenep, Musaheri dalam sambutannya juga menyampaikan, dirinya sangat mengapresiasikan rencana program Angkatan SADIS khusunya terkait membudayakan literasi. Apresiasi tersebut diungkapkan dalam bentuk janji bahwa Musaheri akan memberikan seperangkat komputer.

"Saya dari rumah mempertanyakan, adakah program yang bagus yang dilontarkan oleh teman-teman PMII, ternyata sampai di sini (tempat acara RTK) ada, saya apreasiasi dengan paparan ketua Angkatan tadi terkait membudayakan literasi. Guna menunjang budaya tersebut dan penerbitan buletin, besok (hari ini, Senin (7/12/2015) Ulifiyah menemui saya di Kampus, untuk serah terima komputer." kata Musaheri di depan hadirin RTK.

Selain itu, Muhaseri mengakui kemampuan mahasiswa yang aktif di organisasi ektra kampus dalam mengembangkan diri, menghadapi tantangan dan memecahkan persoalan, baik persoalan internal maupun ekstrenal.

"Sangat jauh berbeda antara mahasiswa yang aktif di organisasi dengan mahasiswa yang tidak aktif di organsasi, apalagi aktif di organisasi ekstra kampus. Saya nyatakan, teman-teman PMII dalam menyelesaikan persoalan sungguh arif dan bijaksana sehingga menemukan solusi-solusi cerdas yang di tawarkan kepada STKIP. STKIP tentunya perlu menidaklanjuti hal itu. Saya nanti akan undang semua organisasi kemahasiswaan ekstra kampus untuk merusmuskan kesepakatan. Satu hal lagi, kontribusi beberapa Alumni PMII di STKIP juga saya apresiasi ," paparnya.

Lain halnya dengan Ketua Ikatan Alumni PMII Komisariat STKIP PGRI Sumenep, Pusawi menyampaikan, kader-kader PMII jangan sampai terlena dengan pemberian dari berbagai pihak sehingga tunduk dan tidak melakukan kontrol terhadap kebijakan yang dibuatnya.

"Tadi Pak Musaheri mengatakan akan memberikan seperangkat komputer kepada kader-kader kami. Kami dari alumni menyampaikan terima kasih kepada Pak Musaheri. Tapi itu bukan berarti kader-kader kami harus tunduk kepada Pak Musaheri atau STKIP. Kader-kader kami tentunya akan tetap menjunjung tinggi citra PMII, menjaga nama baik PMII, manakala PMII dilecehkan," katanya.

Sementara Ketua Umum Pengurus Cabang PMII Sumenep, Khairul Umam menyampaikan, Komisariat PMII STKIP PGRI Sumenep mengalami perkembangan yang semakin meningkat dan telah mendukung terhadap tercapainya program Pengurus Cabang, khusnya penguatan kelembagaan.

"Melihat sejarah Komisariat PMII STKIP selama ini, semakin berkembang dari tahun ke tahun. Dan pada hari ini terbukti, Komisariat PMII STKIP semakin kuat secara kelembagaan. Ini mendukung terhadap Program Cabang, khusunya penguatan kelembagaan PMII secara keseluruhan," paparnya.

Dia menambahkan, Pengurus Cabang akan terus melakukan pendampingan dan pengawalan terhadap kasus yang dialami Pengurus Komisariat di Kampus STKIP PGRI Sumenep. Bahkan dia berjanji akan melakukan gerakan-gerakan solutif kepada siapapun yang melecehkan PMII.

"Kami Pengurus Cabang akan terus melakukan pendampingan terhadap kader-kader PMII di Komisariat STKIP karena ini bagian dari kewajiban Pengurus Cabang. Dan Kami tidak akan tinggal diam jika PMII ada yang melecehkan karena citra dan nama baik PMII adalah harga mati," tambahnya.

Usai Pembukaan, acara RTK dilanjutkan ke Sidang Pleno, yakni sidang pleno I hingga sidang Pleno IV. Pada sidang pleno banyak intrupsi cukup alot dari peserta sehingga waktunya tidak sesuai sebagaiman jadwal.

Pada sidang pleno terakhir yang dipimpin Pengurus Cabang, Imam Bongkar, menetapkan Suryadi sebagai Ketua Komisariat PMII STKIP PGRI Sumenep Masa Khidmat 2015-2016 yang terpilih secra aklamasi. Suryadi mendapat dukungan sebanyak 23 suara, mengalahkan Yunus yang mendapat 1 suara, Ury 1 suara, Yusuf 1 suara, dan Gafur 1 suara. Sedangkan suara tidak sah sebanyak 2 suara.  (Gus Pus)