- - - -
Facebook  Twitter  Google+

08/12/2015

Tidak Terkirim, Puluhan Ribu Undangan Pemilih di Masalembu Difotokopi

lintasmaduranews - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep menyatakan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Masalembu, Pulau Masalembu, memfotokopi puluhan ribu formulir C6 atau undangan kepada calon pemilih pilkada setempat.
"Formulir C6 yang menjadi jatah PPK Masalembu tertinggal atau tidak terkirim. Solusinya, kami menginstruksikan kepada PPK Masalembu untuk memfotokopi formulir tersebut," ujar komisioner KPU Sumenep, A Zubaidi di Sumenep, Jawa Timur, Senin (7/12/2015)
Sebelumnya, kata dia, PPK Masalembu memang telah melaporkan kekurangan formulir C6 yang akan dibagikan kepada calon pemilih di wilayahnya, akibat formulir tersebut tidak terkirim.
"Saat ini, kami tidak mungkin mendistribusikan puluhan ribu formulir C6 tersebut ke Pulau Masalembu. Oleh karena itu, kami langsung memerintahkan PPK Masalembu untuk memfotokopi formulir itu," ucapnya.
Ia menjelaskan, memfotokopi formulir C6 masih diperkenankan dengan catatan tetap berkoordinasi atau memberitahukan kepada jajaran Panwaskab Pilkada Sumenep, termasuk kepada polisi, guna menghindari hal-hal tak diinginkan.
Formulir C6 berfungsi sebagai pemberitahuan tentang tempat pemungutan suara (TPS) kepada calon pemilih, ketika akan menyalurkan hak suaranya.
"Kalau pun tidak mendapat formulir C6, warga tetap bisa menyalurkan hak suaranya selama tercatat di daftar pemilih tetap dan atau menunjukkan kartu identitas yang resmi ketika pada hari 'H' pilkada," kata Zubed, sapaan A Zubaidi.
Sementara Ketua Panwaskab Pilkada Sumenep, Moh Amin menjelaskan, memfotokopi formulir C6 memang masih diperkenankan oleh penyelenggara pilkada, ketika terjadi kekurangan, dengan tetap berkoordinasi dengan jajarannya.
Pilkada Sumenep 2015 yang akan digelar pada 9 Desember diikuti oleh dua pasangan, yakni Busyro-Fauzi di nomor urut 1 (satu) dan Zainal Abidin-Dewi Khalifah di nomor urut 2 (dua).