- - - -
Facebook  Twitter  Google+

05/01/2016

Inilah Permohonan Cabup dan Cawabup Sumenep Urut 2 ke MK

 lintasmaduranews - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, telah menerima materi gugatan Paslon urut 2 dari Mahkamah Konstitusi (MK) melalui KPU Pusat, Senin (04/01/16).

"Kami telah menerima secara resmi berkas dari KPU RI tentang materi permohonan perselisihan hasil pilkada yang diajukan pasangan nomor urut 2 ke MK," kata Komisioner KPU Sumenep, A Zubaidi, Selasa (05/01/16).

A Zubaidi menjelaskan, pasangan nomor urut 2 mengajukan permohonan kepada MK untuk membatalkan berita acara KPU Sumenep tentang penetapan perolehan suara hasil pilkada junto SK KPU Sumenep tentang penetapan rekapitulasi hasil pilkada tertanggal 17 Desember 2015.

Selain itu ada lima petitum yang diinginkan paslon ZA-EVA. Dua di antaranya yaitu permohonan pemungutan suara ulang (PSU) di 7 kecamatan dan penghitungan suara ulang di 3 kecamatan.

Tujuh kecamatan yang dimaksud adalah Raas, Lenteng, Guluk-Guluk, Sapeken, Kangayan, Arjasa dan Masalembu. Sedangkan 3 Kecamatan yang tuntut melakukan penghitungan ulang adalah Kecamatan Ambunten, Talango dan Kecamatan Gayam.

"Secara keseluruhan, ada lima petitum atau hal yang diinginkan pasangan nomor urut 2 untuk dikabulkan oleh MK," ujarnya.

KPU Sumenep saat ini mendalami materi permohonan tersebut. Selain itu KPU mengaku siap untuk menghadapi panggilan Mahkamah Konstitusi bila diperlukan.

"Kami masih mempelajari materi gugatan tersebut. Secara internal, kami memang telah melakukan persiapan untuk menghadapi kemungkinan adanya sengketa hasil pilkada sejak beberapa waktu lalu," katanya.

Sebelumnya, pada Minggu (20/12/2015) pukul 12.14 WIB, Paslon urut 2 mengajukan permohonan perselisihan hasil penghitungan surat suara Pilkada Sumenep 2015 ke MK dengan nomor register: 50/PAN.MK/2015.

Adapun hasil rekapitulasi hasil Pilkada Sumenep 2015 di tingkat kabupaten yang dilakukan KPU setempat pada 17 Desember 2015 yaitu, pasangan Busyro-Fauzi memperoleh 301.887 suara dan Zainal-Eva memperoleh 291.779 suara.

Inilah Petitum Pasangan Calon Nomor Urut 2.