- - - -
Facebook  Twitter  Google+

01/01/2016

Kodim Pamekasan Tangkap Pembuat Terompet Berbahan Kitab

lintasmaduranews - Kodim 0826 Pamekasan Madura, Jawa Timur berhasil menangkap pembuat Terompet dan Topi berbentuk kerucut yang yang dibuat sampul kitab At-Targhib, Kamis (31/12/2015). Pembuat Terompet dan Topi tersebut bernama Moh Mu'in (67) asal Lamongan Jawa Timur.

Dandim 0826 Pamekasan, Letkol Arm Mawardi melalui Danramil Kota Pamekasan, Kapt Inf Priyo Budi Utomo mengatakan, selain pelaku pihaknya juga mengamankan barang bukti, berupa topi dan terompet, meskipun tidak dibuat dari sampul Al-qur'an namun dari sampul kitab At-Targhib.

"Ya kita ambil, kita sita, kita amankan kemudian orangnya kita mintai keterangan dari mana asal-usulnya, untuk sekarang ini ada ditemukan terompet kemudian topi yang bertuliskan arab,” jelas Kapt Inf Priyo Budi Utomo.

Dihadapan petugas, Moh Mu'in mengaku, tidak mengetahui jika kertas yang digunakan merupakan sampul kitab bertuliskan huruf arab, sebab dirinya memperoleh kertas tersebut dari membeli, di suatu tempat di Surabaya.

"Iya beda tapi tidak tahu itu huruf apa tidak tahu, ya beli kertasnya saya itu di Surabaya, Kapasan, Tambak Segaran itu, kalau 1 kilonya itu ada yang tiga setengah, ada yang empat setengah, iya tidak tahu karena kertasnya setumpuk, wong kerja itu langsung digulung, digunting gitu pak,” ungkapnya.

Menurut Mu'in, hasil karyanya itu tidak hanya dipasarkan sendiri namun juga dijual secara grosir, untuk diperdagangkan kembali kepada sejumlah pedagang terompet pada malam tahun baru, di wilayah Pamekasan dan Prenduan Sumenep.

Sumber : beritajatim.com