- - - -
Facebook  Twitter  Google+

15/02/2016

Hadiri KTT ASEAN-AS, Indonesia Pimpin Pembahasan Pemberantasan Teroris

lintasmaduranews - Presiden Joko Widodo bertolak ke Amerika Serikat (AS) untuk melakukan kunjungan kerja dan menghadiri KTT ASEAN-AS. Dalam agenda KTT ASEAN-AS, Indonesia akan mengusung tema 'Kerjasama untuk Perdamaian dan Kesejahteraan'. 

"Agenda utama kunjungan kerja ke AS kali ini adalah untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN-AS (ASEAN-US Summit)," ujar Tim Komunikasi Presiden Ari Dwipayana dalam keterangan persnya, Minggu (14/2/2016). 

Ari mengatakan, KTT ASEAN-AS ini dilaksanakan selama dua hari, yakni 15-16 Februari 2016, di Sunnylands, California, AS. Selanjutnya, Presiden dan rombongan akan menuju ke San Fransisco, California, AS, untuk menyampaikan pidato kunci pada acara US-ASEAN Business Council (US-ABC) pada tanggal 17 Februari 2016. 

"Presiden menyampaikan bahwa Indonesia akan mengusung tema 'Kerjasama untuk Perdamaian dan Kesejahteraan (Partnership for Peace and Prosperity)'. Presiden menilai, baik ASEAN maupun AS memiliki kewajiban untuk menciptakan perdamaian dan stabilitas kawasan serta dunia. Kemitraan ASEAN-AS harus mendatangkan manfaat seimbang bagi kesejahteraan rakyat ASEAN dan AS kata Presiden," jelas Ari. 

Ari melanjutkan, untuk mewujudkan kesejahteraan, Presiden Jokowi menyampaikan, Indonesia akan mendorong peningkatan kerjasama ekonomi di bidang UMKM, promosi kewirausahaan dan inovasi, termasuk pengembangan ekonomi digital. Sedangkan upaya untuk mewujudkan perdamaian, Jokowi akan bertukar pikiran dengan para pemimpin ASEAN dan Amerika Serikat. 

Ari mengatakan, Presiden Jokowi dijadwalkan memimpin salah satu sesi di pertemuan KTT ASEAN-AS itu. "Presiden Jokowi dijadwalkan untuk memimpin sesi pembahasan mengenai terorisme," kata Ari. 

"Kesempatan ini akan saya gunakan untuk berbagi pengalaman sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia dalam membangun toleransi, mencegah radikalisasi serta memberantas terorisme", ujar Presiden Jokowi seperti yang disampaikan Ari.(detik)