- - - -
Facebook  Twitter  Google+

10/02/2016

Kasus Pesangon Dewan 2004, 7 Orang Ditahan Kejari

lintasmaduranews - Sebanyak 7 orang tersangka kasus pesangon DPRD Sampang periode 1999-2004, yaitu Kurdi Said, KM Faidol Mubarok, Moh Bakir, Asadullah, Umar Faruk, Sudarmadji dan Jumal M Dawi, resmi ditahan Kejaksaan Negeri setempat, Selasa (9/2/2016)
Dua tersangka lainnya yaitu Abdul Qowi berada di Arab Saudi menjalani umroh sedangkan Agus Sudiharjo di kabarkan meninggal dunia.
Kasi Intel Kejari Sampang Joko mengatakan, kerugian yang telah di audit oleh BPKP itu berdasarkan finansial. Akan tetapi bagi penyidik itu berdasarkan yuridis (hukum).
"Kami lakukan upaya penahanan kepada 7 tersangka ini selama 20 hari kedepan. Mereka akan di titipkan di Rumah Tahanan kelas II B Sampang," terangnya kepada sejumlah awak media di depan kantor Kejari Sampang.
Disinggung salah satu tersangka yang berada di Arab, Joko mengatakan, semua tersangka kasus pesangon akan di tahan, termasuk yang saat ini masih berada di arab untuk menjalani ibadah umroh.
"Nanti setelah datang dari umroh, kami akan panggil dia untuk menjalani pemeriksaan,"tegasnya.
Sementara Agus Adisusanto penasehat hukum dari 9 tersangka kasus pesangon mengaku kecewa kepada kejaksaan lantaran masih dilakukan penahanan. Sebab menurutnya, 9 tersangka tersebut sudah kooperatif mengembalikan kerugian negara masing-masing Rp 50 juta sudah terpotong pajak . Tidak hanya itu, berdasarkan audit BPKP yang terakhir menurutnya sudah tidak ditemukan lagi kerugian negara.
"Kami sudah berupaya supaya tidak ada penahanan karena mereka sudah kooperatif sudah mengembalikan kerugian negara," ujarnya kecewa.