- - - -
Facebook  Twitter  Google+

13/02/2016

Polres Bangkalan Denda Balap Liar Rp.250 Ribu

lintasmaduranews - Satuan Lalu - lintas (Satlantas) Polres Bangkalan, Madura tak hanya getol menggelar razia di titik - titik maraknya balapan liar, namun juga memberlakukan denda tilang bagi pelaku balapan liar sebesar Rp 250 ribu.

Hal itu dilakukan sebagai upaya mengurangi aksi balapan liar yang marak dilakukan pemuda di Bangkalan. Seperti di Bancaran, Skep, dan akses Suramadu.

"Biar ada efek jera karena selain berbahaya bagi pengendara lain, balapan liar bisa mengancam keselamatan mereka sendiri," ungkap Kasatlantas Polres Bangkalan, AKP Ridho Tri Putranto kepada Surya (TRIBUNnews.com Network), Jumat (12/2/2016).

Dalam Undang - undang Tahun 2009 Pasal 297 Junto 115 huruf b menyebutkan, berbalapan di jalan dengan kendaraan lain dijatuhi denda maksimal Rp 3 juta.

"Keputusan ada di tangan hakim berapa besaran yang akan dijatuhkan. Namun, telah disepakati denda minimal Rp 250 ribu," jelas Ridho.

Untuk lebih mempermudah, berkas - berkas hasil tilangan balap liar dipisahkan dari berkas tilangan lainnya ketika diserahkan ke Pengadilan Negeri (PN) Bangkalan.

"Biar pengadilan bisa memilah - milah sendiri. Setelah membayar denda di pengadilan, dipersilahkan mengambil motor di mapolres," ujarnya.

Ia mengatakan, animo pembalap di Bangkalan masih tinggi terhadap ajang balapan seperti road race dan drag race dibandingkan dengan wilayah lainnya di Jatim.

"Kasihan juga karena mereka tidak punya wadah. Perlunya disediakan sirkuit bagi pemuda di Bangkalan karena sirkuit di Kenjeran Park sudah ditiadakan," pungkasnya.