- - - -
Facebook  Twitter  Google+

25/02/2016

Pura-Pura Minta Amal Untuk Masjid, Warga Pragaan Curi Dompet

lintasmaduranews - Seorang peminta sumbangan untuk masjid, Al Sahwi (47), warga Dusun Tongpotong, Desa Pragaan Daja, Kecamatan Pragaan, Sumenep, Madura, terpaksa mendekam di sel tahanan Polsek Pademawu, Pamekasan, Madura, Rabu (24/2/2016) lantaran mencuri dompet berisi uang Rp 603.000 dan HP Samsung, milik Ny Kotra (57), pemilik Depot Mulia, di Jl Raya Sumenep, Rabu (24/2/2016), sekitar pukul 08.45.

Kronologi peristiwa tersebut bermula saat tersangka masuk ke Depot Mulia yang kebetulan tidak ada pengunjungnya. Sementara Ny Kotra di dapur sedang menanak nasi. Tiba-tiba tersangka berdiri di pintu dapur depot dengan memegang buku, memanggil-manggil pemilik untuk minta sumbangan buat amal masjid. Namun saat itu Ny Kotra minta maaf, tidak bisa memberi karena belum dapat penglaris.

“Maaf Pak, bukannya saya tidak mau memberi sumbangan, tapi saat ini saya masih belum ada. Nanti saja Pak, kembali lagi siang-siangan,” kata Ny Kotra kepada tersangka.

Kemudian pria itu pergi meninggalkan Depot Mulia dengan berjalan terburu-buru ke arah selatan. Melihat keanehan orang itu, Ny Kotra ingat, sebuah dompet berisi uang Rp 603.000 dan HP Samsung diletakkan di atas meja. Uang itu dipersiapkan untuk belanja ke pasar.

Mengetahui dompetnya tidak ada, Ny Kotra keluar mencari tersangka, yang sudah jauh berjalan sekitar 200 meter dan berusaha menghentikan mobil untuk kabur. Lalu Ny Kotra bergegas setengah berlari mengejar tersangka, sambil berteriak meminta sopir mobil tidak berhenti, sehingga Ny Kotra berhasil mendekat lalu menarik baju tersangka dari belakang.

“Pak tolong berhenti sebentar. Saya mau lihat isi tas Bapak,” kata Ny Kotra kepada tersangka.

Namun tersangka mempertahankan dan mengelak tidak mengambil apa-apa dari dalam depot. Sikap itu membuat Ny Kotra emosi dan menendang tubuh tersangka hingga tersangka terjungkal. Kejadian itu menarik perhatian warga dan pengendara bermotor. Begitu tas tersangka dibuka ternyata dompetnya ada di dalam tas tersangka.

“Ini dompet saya yang Bapak ambil tadi dari depot,” kata Ny Kotra.

Saat itu juga tersangka nyaris menjadi amukan massa. Aksi main hakim sendiri ini dipergoki seorang anggota Babinsa Koramil 06/Pademawu, Pamekasan, Sertu Supriadi, melintas dan mencegah tindakan warga.

Hingga akhirnya tersangka dijemput anggota Polsek Pademawu dan Polres Pamekasan, Madura. Kapolsek Pademawu AKP Sudarisman membenarkan insiden tersebut, saat ini pelaku berikut barang bukti sudah diamankan. Barang bukti diantarana dompet berisi uang sekitar Rp 600.000, dan hand phone merek Samsung.

“Ini saat ini sudah dalam pemeriksaan pelakunya orang pencari amal warga Pragaan Daja, Sumenep,” katanya melalui saluran telepon.

Sudar menambahkan, pihaknya akan mengkoordinasikan dengan Kepala Desa disana perihal salah satu warganya yang kedapatan mencuri. “Langkah awal kita akan komunikasikan dengan Kades disana, namun jika masih ada kasus lain maka lain lagi nanti prosesnya,” tutupnya. (surya)