- - - -
Facebook  Twitter  Google+

23/02/2016

Tiga Penyidik KPK Ditangkap Polisi

lintasmaduranews - Tiga penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ditangkap polisi di kawasan Mangga Dua, Jakarta Utara, Senin (22/2/2016) siang. Ketiganya dibawa ke Kepolisian Resor Metro Jakarta Utara untuk menjalani pemeriksaan. 

Juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Yuyuk Andriyanti, membenarkan penangkapan tiga pegawai KPK oleh Kepolisian Resor Jakarta Utara. Penangkapan tersebut terjadi karena salah paham. 

"Benar tiga orang tersebut anggota KPK yang sedang melakukan kegiatan tertutup di sekitar Samsat Jakarta Utara," kata Yuyuk di kantornya, Senin (22/2/2016). 

Yuyuk mengatakan ketiga pegawai tersebut berasal dari bagian pengumpulan informasi. Mereka tengah melakukan kegiatan tertutup ketika ditangkap. Ia tak menjelaskan maksud dari kegiatan tertutup itu. Ketiganya sering berkegiatan di sekitar Samsat. Polisi mencurigai mereka sebagai kelompok teroris dan kemudian dibawa ke Polres Jakarta Utara. 

Yuyuk mengatakan ketiga pegawai KPK dilepaskan hari ini juga setelah pemeriksaan dan akan dibawa kembali ke kantor. Deputi Penindakan KPK Heru Winarko telah berkomunikasi dengan Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya Inpektur Jenderal Tito Karnavian menjelaskan bahwa ketiganya sedang bertugas.
 
Yuyuk membantah ketiga pegawai mengkonsumsi narkoba. "Penangkapan ini tidak terkait dengan narkoba," katanya. Ketika dikonfirmasi mengenai dugaan kesengajaan dan upaya menghalangi penyelidikan, Yuyuk mengatakan pihaknya tidak berpikir sampai ke sana. 

Sementara Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Mohammad Iqbal mengatakan, mereka sempat diamankan karena terlihat di sekitar kantor Samsat Jakarta Utara beberapa hari ini. "Mobil mereka bolak-balik, sudah 2-3 hari di sana," kata Iqbal. 

Karena curiga, polisi melakukan pengecekan terhadap ketiganya. "Setelah dicek, ternyata mereka adalah anggota KPK," ujar Iqbal. 

Pengecekan dilakukan karena mobil tersebut berada di sekitar Samsat selama beberapa hari. "Kami, kan, sedang meningkatkan kewaspadaan, maka kami lakukan pengecekan," tutur Iqbal.
Setelah diperiksa, tiga anggota KPK itu dilepaskan kembali. Kepolisian menemukan berbagai alat pengintaian dan identitas dari mereka.