- - - -
Facebook  Twitter  Google+

10/03/2016

Pemkab Sumenep Gelar Serap Aspirasi Guna Mantapkan Realisasi Program

lintasmaduranews - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, menggelar 'Serap Aspirasi' dengan sejumlah ormas, Perguruan Tinggi, dan stake holder lain, Kamis (10/3/16). Acara ini ditempatkan di Pendopo Agung Sumenep dengan format lesehan.

"Serap aspirasi ini diformat tidak seperti biasanya, yakni dengan duduk lesehan. Maksudnya supaya lebih mendekatkan hubungan emosional para pejabat dengan masyarakat. Jadi supaya nuansanya lebih kekeluargaan," kata Bupati Sumenep, A. Busyro Karim.

Busyro, memaparkan serap aspirasi merupakan bagian dari ikhtiar kebijakan Bupati dan Wakil Bupati untuk merealisasikan visi, misi, dan program unggulan yang akan dituangkan dalam RPJMD.

"RPJMD merupakan roh pembangunan. Apalagi pembangunan 5 tahun ke depan akan terasa makin berat. Kemajuan global menjadi tantangan untuk bahu membahu merespon tuntutan. Karena itu, kami berharap serap aspirasi tidak semata-mata formalisme atau rutinitas, tapi harus mampu menangkap substansi semua saran masukan, dan kritik yang konstruktif," ungkapnya.

Busyro menjelaskan, serap aspirasi ini menggunakan pendekatan partisipatif terhadap masyarakat agar masyarakat bisa terlibat dalam membangun dan mengevaluasi.

"Masyarakat merupakan subyek pembangunan, bukan objek. Bahkan dalam implemetasi pembangunan, masyarakat juga harus terlibat di dalamnya. Masyarakat harus diberi hak untuk mengevaluasi program pembangunan," ucapnya.

Busyro berjanji hasil serap aspirasi tersebut akan ditindaklanjuti dengan Focus Group Discussion (FGD) dan dipelajari sesuai program di SKPD terkait.

"Jadi serap aspirasi ini tidak hanya akan berhenti disini. Usulan dan masukan dari berbagai elemen masyarakat ini akan dibawa dan dibahas di SKPD-SKPD terkait," paparnya.