- - - -
Facebook  Twitter  Google+

09/03/2016

Warga Madura Ikut Amankan Hari Nyepi di Buleleng

lintasmaduranews - Sejumlah warga KampungMadura, Kelurahan Seririt, Buleleng, Bali, turut mengamankan Hari Raya Nyepi Tahun Caka 1938, Rabu (9/3/2016).

Sembari mengenakan pakaian adat Madura, mereka bersama-sama pecalang berpatroli keliling wilayah Seririt.

Kapolsek Seririt, Kompol Supriadi Rahman mengatakan, di Kelurahan Seririt tidak sedikit warga keturunan Madura yang bermukim secara turun temurun. Mereka membaur dengan warga Bali pada umumnya sampai terjadilah akulturasi budaya.

Keterlibatan warga Kampung Madura dalam pengamanan Nyepi ini sudah terjadi setiap tahun. Mereka sudah membaur dengan warga Bali pada umumnya.

"Sudah sering mereka melakukan ini. Lagipula ada juga pecalang yang orang Madura. Masyarakat Muslim merasa mereka bersaudara, jadi ikut mengamankan Nyepi," kata Rahman.


Sementara menurut Polda Bali Kombes Pol Hery Wiyanto, perayaan Nyepi saat ini berlangsung aman walaupun ada umat muslim melaksanakan gerhana matahari. Bahkan kedua penganut agama yang berbeda tersebut saling menhargai dan mengormati keyakinan masing-masing.

"Hari ini perayaan Nyepi yang mulai pukul 06.00 WITA tadi pagi tidak ada aktivitas di luar rumah. Walaupun bersamaan antara perayaan Nyepi dan salat gerhana yang dilaksanakan umat muslim, tadi pagi semua sudah disepakati bersama tidak boleh melintas banjar (desa-red) untuk menuju masjid dan ini juga berjalan aman," demikian dikatakan Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol Hery Wiyanto. 

Dalam keterangan tertulis yang diterima pada Rabu (9/3/2016) ini, Hery menjelaskan rangkaian kegiatan Nyepi umat Hindu hari ini sudah didahului dengan upacara Melasti dan Mecaru, berlanjut dengan pengrupukan Ogoh-ogoh pada Selasa (8/3) malam kemarin. 

"Acara melasti dan Ogoh-ogoh semua berjalan dengan aman dan tertib tidak ada kejadian menonjol," jelas dia. 

Anggota polisi yang dilibatkan untuk pengamanan Nyepi dan salat gerhana ini sebanyak 4.497 personel Polres dan 900 personel dari Polda Bali. 
 
"Dan untuk giat pengamanan Nyepi semua standby di kantor kecuali para Bhabinkamtibmas yang berbaur dengan pecalang," tandas dia.