- - - -
Facebook  Twitter  Google+

13/04/2016

Dua Pencuri Tertangkap Polisi saat Hendak Menjual Mobil ke Wilayah Bangkalan

lintasmaduranews - Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jatim berhasil menangkap 2 orang pelaku tindak pidana pencurian dengan pemberatan (curat), masing-masing berinisial UM (22) dan AF (16), warga Kaliwates, Jember.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol R.P. Argo Yuwono menjelaskan, modus operandi kedua pelaku adalah dengan cara menyamar sebagai jasa cleaning service atau mencari pekerjaan. Sasaran keduanya adalah perkantoran atau rumah. 

"Jadi dia melihat kelemahan. Kalau ada orang, dia akan bertamu pura pura menawarkan jasa, tapi kalau tidak ada, diketuk pintunya tidak ada orang, ada barang apa, diambil sama dia," ujar Kombes Pol Argo, Selasa (12/4/2016). 

Aksi keduanya berakhir, setelah polisi berhasil mengungkap kasus pencurian yang dilakukan. Saat itu, tersangka mengambil kunci kontak diatas meja dan membawa lari mobil yang diparkir pemilik rumah. 

"Akhirnya dibawalah mobil ini dari Jember, Kaliwates Jember sana, mau dibawa ke Bangkalan. Sampai di Bangkalan, ditangkap sama anggota Polda Jatim," imbuhnya. 

Barang bukti yang diamankan dari kedua tersangka antara lain, satu unit Mobil Suzuki Ertiga, satu unit laptop, satu buah BPKB sepeda motor, satu unit iPad, satu bendel kertas yang berisi dokumen, serta 9 unit flashdisk. 

Kini keduanya harus mempertanggungjawabkan perbuatannya. Atas pelanggaran pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan, tersangka terancam hukuman maksimal 7 tahun penjara.