- - - -
Facebook  Twitter  Google+

15/04/2016

Pengajuan Pernyataan Miskin Semakin Meningkat di Sumenep

lintasmaduranews - Warga Sumenep, Madura, Jawa Timur, semakin banyak yang mendaftarkan diri untuk mendapatkan layanan kesehatan gratis dengan menggunakan Surat Pernyataan Miskin (SPM) di RSUD setempat.

Kepala Dinas Keshatan (Dinkes) Sumenep A. Fatoni mengatakan, sejak awal tahun 2016 peminat SPM setiap hari selalu mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya. Apalagi saat ini di RSUD sudah meluncurkan program Sistem Admininstrasi Pelayanan Kesehatan Terpadu (Siap Sehat).

Program tersebut merupakan layanan kesehatan yang terintegrasi antara RSUD dan beberapa Dinas terakit diantaranya Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dispenduk Capil, dan BPJS Kesehatan dalam memberikan layanan secara langsung dengan pola satu atap.

“Jumlah pengajuan yang kami terima rata-rata setiap hari mencapai 50 pemohon. Namun untuk hari Senin jumlahnya meningkat hingga mencapai 100 pengajuan. Saya nggak ngerti juga kenapa klo hari Senin sampai membludak,” jelasnya, Jum’at (15/4/2016).

Dijelaskannya, untuk memaksimalkan pelayanan SPM pihaknya telah melakukan trobosan baru, salah satunya meskipun hari libur seperti hari Sabtu dan Minggu, Dinkes tetap melayani.

“Kami juga mengimbau kepada seluruh petugas kesehatan agar profesional memberikan pelayanan kepada pasien, baik itu pasien dari jalur khusus maupun pengguna SPM. Karena mereka mempunyai hak yang sama,” imbuhnya. (sum).