- - - -
Facebook  Twitter  Google+

15/05/2016

NU Usulkan Bubarkan HTI

lintasmaduranews - Organisasi Nahdlatul Ulama (NU) mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk membubarkan organisasi Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) karena dinilai bertentangan dengan Pancasila.

Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj menilai, organisasi Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) yang ingin mendirikan khilafah itu sangat bertentangan dengan Pancasila.
"HTI ini adalah sekelompok umat Islam yang ingin mendirikan khilafah. Jelas bertentangan dengan Pancasila, dengan konstitusi kita, jelas itu," katanya usai menghadiri Silaturrahmi Nasional (Silatnas) Gerakan Ayo Mondok di Taman Candrawilwatikta, Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Sabtu (14/5/2016) dini hari.

Ia menjelaskan, paham yang diperjuangkan HTI tidak sesuai dengan kondisi Indonesia. Apalagi sampai menentang Pancasila sebagai azas negara.Organisasi itu dianggapnya hanya cocok diterapkan di negara-negara Timur Tengah.

"Itu kalau (negara) Timur Tengah silakan. Tapi kalau di Indonesia tidak cocok," katanya.

Oleh karenanya, pihaknya mengusulkan kepada pemerintah Indonesia untuk membubarkan organisasi tersebut. Usulan itu dikatakan Said Aqil sudah lama disampaikan kepada pemerintah.

"Justru itu usulan dari NU kok. Sudah lama," paparnya dia.