- - - -
Facebook  Twitter  Google+

30/05/2016

Ratusan Warga Tanjung Minta Polsek Saronggi Selesaikan Pelecehan Kiai Secara Hukum

lintasmaduranews.com - Ratusan warga Desa Tanjung, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, mendatangi Mapolsek Saronggi, Senin (30/5/2016). Tujuan kedatangan mereka untuk melaporkan Muhammad Zainuri (35), warga setempat yang dinilai telah melecehkan kiai.

Kepala Desa Tanjung, Acmad Readi mengatakan bahwa Muhammad Zainuri telah melecehkan kiai saat ada perkumpulan rutin yang diadakan setiap malam kamis.

“Zainuri telah melecehkan sejumlah kiai di desa kami dengan pernyataan yang menyinggung dan menyakitkan, masak kiai dibilang tukang sihir,” jelasnya. 

Acmad Readi menambahkan, kedatangannya mengawal para kiai yang dimintai keterangan oleh polres Saronggi.

“Kami kesini hanya mendampingi para kiai yang diintrogasi, dengan harapan agar pelaku pelecehan tersebut diproses secara hukum,” imbuhnya 

Acmad Readi bersama warganya juga meminta kepada pihak Polsek Saronggi untuk menyelesaikan persoalan tersebut secara hukum.

“Ya kami meminta kepada pihak kepolisian segera menyelesaikan persoalan ini diproses secara huku, jika tidak, maka pelecehan-pelecehan kepada kiai akan terjadi lagi,” harapnya.

Sementara Kapolsek Saronggi Moch. Rachmatullah, mengatakan, pihaknya kedatangan mereka hanya untuk melaporkan adanya dugaan penghinaan terhadap para kiai, sehingga warga yang datang itu hanya mengikuti para tokoh yang datang ke kantor polisi. 

“Warga melaporkan oknum yang diduga melecehkan kiai. Saat ini kami melakukan introgasi terhadap tiga kiai yang merasa dilicehkan,” ungkapnya.

Sedangkan Muhammad Zainuri mengatakan tidak keberatan jika warga melaporkan dirinya kepada pihak kepolisian. Namun saat dimintai penjelesan terkait pelecehan terhadap kiai, dirinya meminta bertemu langsung.

“Gak apa-apa warga datang ke kepolisian, mereka punya hak. Kalau memang butuh penjelasan lebih rinci, lebih bauk ketemu saja,” kata Muhammad Zainuri.