- - - -
Facebook  Twitter  Google+

07/06/2016

Bupati Sumenep Sidak Pembangunan Pasar Anom Baru

lintasmaduranews.com - Bupati Sumenep A Busyro Karim bersama beberapa dinas yakni Dinas Pendapatan Pengelola Keuangan dan Aset (DPPKA), Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), UPT Pasar, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke lokasi proyek pembangunan Pasar Anom Baru di areal pedagang terdampak kebakaran 2007, Selasa (7/6/2016).

”Hingga saat ini, pelaksanaan proyek pasar belum tuntas, sementara masyarakat menginginkan mega proyek yang diinvestasikan pada pihak ketiga itu segera selesai,” terang Bupati.

A Busyro Karim menambahkan, guna menyelesaikan proyek pasar Anom tersebut, pemkab telah membuat perjanjian dengan PT Trisna Karya. Dalam perjanjian disebutkan disepakati bahwa proyek Pasar Anom akan diselesaikan pada bulan Agustus mendatang dan siap dikerjakan siang malam.

”Hitam putihnya sudah ada, tentu dengan segala resikonya. Dan pihak pelaksana proyek berjanji untuk mengerjakan pembangunan Pasar itu siang malam dengan mendatangkan pekerja dari luar Sumenep supaya bisa kerja lembur,” tambahnya.

Sesuai rencana pembangunan pasar Anom didesain dua lantai dengan jumlah toko, kios, stand atau los sebanyak 420 unit dan 212 diantaranya akan diprioritaskan bagi pedagang terdampak kebakaran pada 2007. Pelaksanaan proyek tersebut tanpa menggunakan dana APBD sebagai diinvestasikan pada pihak ketiga. 

Usai melakukan sidak, Bupati Sumenep melakukan pemantauan harga akomoditi di Pasar Anom. Hasil pantauannya menyebutkan bahwa hanya harga daging yang naik hingga mencapai Rp120 ribu. Harga tersebut tidak bisa ditekan menjadi seharga Rp. 80 ribu sebagaimana yang diinntruksikan oleh Presiden Joko Widodo.

“Kami tidak bisa menekan harga daging karena ini hukum pasar, semakin banyak permintaan maka semakin naik harga barang. Jadi sangat sulit menekan dibawah harga itu, apalagi dibawah Rp100 ribu per kilogram,” paparnya. (sum)