- - - -
Facebook  Twitter  Google+

29/06/2016

Jaga Kesehatan dan Keselamatan, Sopir Terminal Sampang Jalani Tes Urine

lintasmaduranews.com - Petugas gabung terdiri dari Satlantas Polres Sampang, Dishub dan Dinkes Sampang, Madura, Jawa Timur, Rabu (29/6/2016), melakukan tes urine terhadap sopir yang akan masuk terminal Sampang di jalan Tengku Umur. 

Hal itu dilakukan untuk mengecek kesehatan sopir dari pengaruh narkoba dan juga demi keselamatan penumpang mudik.

Kasat Lantas Polres Sampang AKP Mala Darlius mengatakan, seluruh sopir angkutan umum mulai sopir bus antar kota dalam provinsi dan luar provinsi, sopir mini bus hingga sopir angkutan umum antar kecamatan, wajib menjalani tes urine sebelum keluar dari terminal Sampang.

“Tes urine dilakukan untuk mengantisipasi adanya sopir angkutan umum yang menggunakan narkoba sehingga dapat meminimalkan kecelakaan,” jelas Darlius.

Selain melakukan tes urine terhadap sopir angkutan umum, petugas juga melakukan uji kelayakan angkutan seperti uji kir, uji rem dan ban serta kelengakapan surat surat kendaraan.

“Kendaraan yang sudah tidak laik jalan kita larang digunakan mengangkut penumpang. Karena akan membahayakan keselamatan pemudik,” tegasnya.

Tes urine dilakukan secara mendadak sekitar pukul 09.00 di pos pantau mudik yang berada di area terminal. Meski tampak kaget namun para sopir dengan sukarela mengikuti arahan dari petugas.

“Sementara hasil tes belum ditemukan sopir yang mengkonsumsi narkoba,” tukasnya. (mc)