- - - -
Facebook  Twitter  Google+

29/06/2016

KSOP Kalianget: Pelayaran di Perairan Sumenep Aman

lintasmaduranews.com - Wilayah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, beberapa hari ini diguru hujan begitu deras, namun cuaca perairan laut di Sumenep dalam kondisi aman untuk pelayaran. Hal tersebut diungkapkan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas V Kalianget, Sumenep.

"Selama dua hari belakangan ini wilayah Sumenep dan sekitarnya tercatat beberapa kali diguyur hujan. Namun, kondisi perairan atau cuaca laut masih dalam kondisi kondusif dan aman untuk aktivitas pelayaran," ujar Kepala Kantor KSOP Kalianget, Moh Ikhsan di Sumenep, Jawa Timur, Rabu (29/6/2016)

Sesuai data dari BMKG Maritim Tanjuk Perak Surabaya, kata dia, kondisi cuaca laut di perairan Sumenep dan sekitarnya kondusif.

"Ketinggian ombak masih di bawah dua meter, termasuk di Perairan Masalembu dan Kangean, dan selanjutnya tidak ada penundaan pemberangkatan kapal dari Pelabuhan Kalianget yang akan berlayar ke sejumlah pulau di Sumenep," ujarnya.

Ia menjelaskan, pihaknya senantiasa berkoordinasi dengan petugas BMKG Maritim Tanjung Perak Surabaya untuk mengetahui kondisi cuaca laut setiap harinya.

"Sudah ada petugas khusus yang kami tunjuk untuk berkoordinasi dengan BMKG. Koordinasi dilakukan secara rutin setiap harinya," ucapnya.

Ikhsan juga meminta nakhoda kapal untuk berkoordinasi dengan petugas BMKG supaya tahu perkembangan kondisi cuaca laut di perairan yang akan dilintasi kapalnya.

"Kalau ternyata ada perubahan kondisi cuaca laut secara tiba-tiba dan selanjutnya tidak aman bagi aktivitas pelayaran kapal, tentunya kami tidak akan mengeluarkan surat persetujuan berlayar," katanya.

Pada Rabu pagi, sejumlah kapal bertolak dari Pelabuhan Kalianget ke sejumlah pulau di Sumenep, di antaranya KM Sabuk Nusantara 27 ke Masalembu dan Kapal Catherine S ke Kangean. (an)