- - - -
Facebook  Twitter  Google+

08/06/2016

Pemkab Sumenep Sediakan 15 Kapal Laut untuk Pemudik

lintasmaduranews.com - Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menyiapkan 15 kapal laut untuk mengangkut para pemudik dari pelabuhan Kalianget ke berbagai kepulauan kabupaten Sumenep. 

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sumenep Ahmad Fadilah menjelaskan, sebanyak 12 kapal sudah siap operasi, sedangkan 3 kapal masih dalam proses koordinasi untuk kapal gratis bagi pemudik.

“Ada 12 kapal yang sudah pasti, tiga kapal lagi masih dalam koordinasi karena ini masuk pada program kapal gratis dari pemerintah,” kata Ahmad Fadilah, Rabu (08/06/2016).

Dari 12 Armada yang ada, dua armada akan melayani trayek Jangkar-Kalianget-Sepudi, kemudian lima kapal perintis akan masuk semua ke Sumenep, dan 2 armada reguler akan melayani trayek Kalianget-Kangean.

“Untuk lima kapal perintis, tiga kapal di antaranya melayani trayek hingga ke Pulau Masalembu, sedangkan 2 yang lainya cuma sampai ke Kalianget-Kangean- Sapeken,” ungkapnya. 

Sementara untuk penyebrangan Kalinget menuju Pulau Talango akan dilayani dengan 3 Kapal, yang saat ini semuanya sudah beroperasi, masing-masing KM karjon Bersaudara, KM Serbaguna, dan KM Safaraz Jaya.

“Ini masih belum kita hitung perahu-perahu rakyat yang melayani trayek Pulau Gili Genting, Gili Raja, Gili Eyang dan sekitarnya, namun semua armada sudah tersedia,” imbuhnya.

Selain tiga armada kapal mudik, Armada yang akan masuk ke Sumenep masing-masing, KMP Dharma Kartika, KMP Satya Kencana, KM Amukti Palapa, KM Sabuk Nusantara 27, KM Miami, KM Maumere, KM Sabuk Nusantara 56, KM DBS 1, KM Espres Bahari 1C, KM Karjon Bersaudara, KM Serbaguna, dan KM Safaras Jaya. 


Sumber : RRI