- - - -
Facebook  Twitter  Google+

01/06/2016

Tersangka La Nyalla Mattalitti Diperiksa Kejagung Terkait Kasus Dana Hibah

lintasmaduranews.com - Tersangka kasus dana hibah Kadin dari Pemprov Jawa Timur La Nyalla Mattalitti akhirnya dipulangkan ke Indonesia setelah buron di Singapura. Pemulangan La Nyalla Mattalitti ke Indonesia untuk diperiksa di Kejaksaan Agung 

Berdasarkan rilis Kabiro Humas Kemenkum HAM Effendi Peranginangin sebagaimana dilansir detikcom, Rabu (1/6/2016), La Nyalla ditangkap pihak imigrasi Singapura (Immigration and Check Point Autority) pada Selasa (31/5) sekitar pukul 10.00 waktu Singapura. La Nyalla sudah overstay kurang lebih selama 40 hari di Negeri Singa tersebut. 

Setelah La Nyalla ditangkap, pihak imigrasi Singapura langsung menghubungi pihak KBRI, dalam hal ini Atase Imigrasi untuk memberitahukan penangkapan tersebut. 

Atase Imigrasi Singapura kemudian menerbitkan Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP) untuk sekali jalan ke Indonesia. Seperti diketahui paspor La Nyalla sudah dibatalkan sejak ditetapkan menjadi buronan. 

Dengan dikawal oleh Sandy (asisten Atase Imigrasi Singapura) dan pengawalan petugas Imigrasi, La Nyalla diterbangkan ke Indonesia. Dia dibawa dari Singapura dengan pesawat Garuda Indonesia GA 835 pukul 17.35 waktu setempat dan tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, pukul 18.30 WIB. 

Setibanya di Bandara Soekarno-Hatta, La Nyalla langsung dibawa oleh tim Kejaksaan Agung ke Gedung Kejaksaan Agung Jakarta. Dia tetap didampingi oleh pihak Atase Imigrasi Singapura hingga proses penyerahan ke penyidik kejaksaan. 

Mengetahui La Nyalla ditahan, Anggota Komite Eksekutif PSSI Djamal Aziz yang datang ke Kejagung tidak bisa menemui La Nyalla. Djamal datang pukul 10.28 WIB di Kejagung, Jl Sultan Hasanuddin, Jakarta Selatan, Rabu (1/6/2016). Dia datang sendiri. 

Namun tidak sampai 5 menit, Djamal keluar lagi. Dia belum bisa menemui tersangka kasus dana hibah Pemprov Jatim itu.Kedatangan Djamal untuk meminta kepada penyidik agar mempermudah pemeriksaan La Nyalla. 

"Kita minta supaya mempermudah penyidikan saja," ujar Djamal saat ditanya kedatangannya.
Menurut Djamal, sejak ditangkap semalam, La Nyalla belum diperiksa. "La Nyalla belum diberi materi pertanyaan. Kata advokatnya begitu. Hari ini kita fokus pada pertanyaan penyidikan." ucap dia.