- - - -
Facebook  Twitter  Google+

08/03/2017

Demi Visit Sumenep 2018, Disparbudpora Jalin Kerjasama dengan 6 Travel

Kepala Dinas Pariwisata, Budaya, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora), Sufiyanto
LintasMadura.Com, Sumenep - Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumenep menggandeng enam trevel pada tahun ini. Hal itu dimaksudkan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan manca negara (Wisman) menjelang Visit Sumenep 2018.

Kepala Disparbudpora Kabupaten Sumenep, Sufiyanto mengatakan, keenam agen trevel tersebut berada di Bali dan Yogyakarta. Ia sengaja menggandeng agen trevel yang bertaraf internasional itu guna mendongkrak kunjungan wisatawan manca negara di Kota Sumekar ini.

“Kami sudah bekerjasama dengan enam trevel yang ada di Bali dan Yogyakarta serta kota lainnya. Ini kami lakukan untuk mendongkrak kunjungan wisatawan manca negara ke Sumenep ini. Sebab, banyak destinasi wisata yang kami siapkan kepada para wisatawan,” kata Sufiyanto, Rabu (8/32017).

Menurut Sofi, pada tahun 2017 ini, sudah ada 11 jadwal kunjungan wisatawan manca negara (Wisman) ke Sumenep. Hari ini (kemarin, red) merupakan kunjungan wisman perdana ke Sumenep sebanyak 50 wisman. Ke 50 wisman dari Eropa dan Amerika tersebut tiba di Sumenep dengan disambut musik tradisional Saronen dan Ul-daul di Mesjid Jamik dan Labang Mesem Kraton Sumenep.

“Tahun ini kami rencanakan ada 11 kunjungan wisman ke Sumenep. Untuk kunjungan perdana sebanyak 50 orang wisman. Mereka rupanya cukup antisuas melihat destinasi wisata di Sumenep seperti bangunan Mesjid Jamik dan Mosium Kraton Sumenep,” ucapnya.

Ia menyampaikan, setiap tahun terus ada peningkatan paket wisata ke Sumenep. Pada tahun lalu hanya sebanyak 4 kali paket wisata manca negara. Namun, untuk tahun ini direncanakan ada 11 paket wisman. Paket wisman tersebut nantinya akan dikenalkan pada sejumlah destinasi wisata di Sumenep seperti Pantai Lombang, Slopeng, Pulau Kesehatan Giliyang, Pantai Gili Labak dan Pantai Sembilan Gili Genting serta sejumlah destinasi wisata lainnya.

“Kedepan kami rencanakan kunjungan wisatawan manca negara itu akan mengunjungi sejumlah destinasi wisata yang ada di Sumenep. Mereka nanti akan kami ajak ke Gili Labak, Pantai Sembilan Gili Genting dan Pulau Kesehatan Giliyang, Dungkek,” terangnya.

Sementara itu, Guest Lecturer asal Australia, Mr Jim Fox mengatakan, semua wisman dari Eropa dan Amerika yang dibawa itu terlihat sangat senang dengan penyambutan Pemkab Sumenep. Dari berbagai daerah yang dikunjunginya, hanya kali ini yang mendapatkan sambutan mereah dari pemerintah daerah. “Dari berbagai daerah yang kami datangi, hanya disini yang mendapatkan sambutan meriah. Mereka rupanya sangat senang,” kata Mr Jim di Sumenep.

Ia menerangkan, mereka sangat suka dengan bangunan mesjid Jamik dan sangat menikmati tarian-tarian tradisional lokal Sumenep. “Mereka rupanya ingin kembali lagi ke Sumenep ini. Karena mereka sangat menikmati suasana Sumenep ini. Untuk sementara ini mereka hanya sehari di Sumenep karena masih akan mengunjungi daerah lain,” tuturnya. (MQ/WI)