- - - -
Facebook  Twitter  Google+

27/03/2017

Gerakan Pemuda Bragung Lakukan Bersih-bersih Jalan

Pemuda Bragung saat bersih-bersih di Jalan Bukit Dampol


Lintasmaduranews.com, Sumenep - Sejatinya, sampai hari ini pemuda merupakan kunci kemajuan desa. Dengan semangat muda dan ide-ide segarnya setiap desa mampu bersaing dengan perkembangan zaman. Gerakan para pemuda desa tersebut dapat dilakukan mulai dari hal yang mendasar seperti kepedulian atas kebersihan desa.

Dengan menenteng cangkul, sabit dan tempat sampah, puluhan pemuda Desa Bragung, Kecamatan Guluk-guluk, Kabupaten Sumenep yang tergabung dalam Gerakan Pemuda Bragung (GAPBRA) bersemangat melakukan kerja bakti bersih-bersih jalan, Senin (27/3/2017).

Kerja bakti tersebut rutin dilaksanakan setiap satu bulan dua kali. Pada minggu ini, sepanjang jalan yang menghubungkan Desa Bragung dengan Desa Prancak, tepatnya di Bukit Dampol menjadi fokus kerja bakti. Selain itu masjid juga tak luput dari perhatian para pemuda itu.

Menurut Makmum, Ketua Umum Gapbra, kegiatan kerja bakti oleh pemuda ini tidak hanya akan rutin dilakukan setiap setengah bulan namun akan dilakukan rutin setiap minggu. Dalam kerja bakti ini pun, pembagian tugas dilakukan dengan cermat. Seperti pembersihan jalan dan pembersihan makam-makan yang ada di desa tersebut.

“Di hari lain, nanti kerja bakti tetap berjalan. Kamipun akan membagi menjadi 3 kelompok, yakni pembersihan masjid, jalan dan makam yang ada di desa Bragung ini,” jelasnya.

Prosedur kerja yang akan dijadikan kebiasaan ini dilaksanakan dengan membagi kantong-kantong di setiap rumah. Nanti setiap sebulan sekali kantong tersebut akan diambil oleh pemuda.

Lanjut Makmum, selain menjaga lingkungan di daerah tempat tinggalnya, kegiatan ini juga untuk mengisi aktifitas kepemudaan di setiap hari Minggu atau hari-hari libur lainnya. Seperti ngumpul bersama dan ngopi darat yang semuanya tak lain untuk membangun komunikasi antara masyarakat dengan aparat pemerintah.

“Karena dengan seperti ini keluhan masyarakat terkadang keluar, kamipun akan mencoba untuk menyempurnakan.” imbuhnya.

Makmum berharap, pemerintah dapat melihat kinerja mereka yang tanpa harus menghabiskan biaya mereka bisa melaksanakn kegiatan-kegiatan positif. Mereka juga mengharapkan ikut andil aparat guna sinergitas dengan para masyarakat sekitar.

“Semoga pemerintah mau ikut andil dan mau melihat kami yang tegak berdiri dengan berdikari demi masyarakat,” tutup Makmum.


Reporter: Afif/Mkm